Comscore Tracker

9 Pembalap Peraih Gelar Driver of The Day pada Formula 1 2022 

Jadi bintang meski tak jadi pemenang

Salah satu hal yang juga menjadi perhatian dalam sebuah balapan Formula 1 adalah siapa pembalap yang paling menarik perhatian atau menonjol dalam hal performa. Bila memenuhi hal tersebut, maka pembalap tersebut akan mendapatkan gelar Driver of The Day.

Dari total 22 balapan Formula 1 yang berlangsung sepanjang musim 2022, ternyata hanya ada sembilan pembalap yang berhasil meraih Driver of The Day. Nah, siapa saja, nih, kesembilan pembalap tersebut?

1. Mick Schumacher

9 Pembalap Peraih Gelar Driver of The Day pada Formula 1 2022 Mick Schumacher (haasf1team.com)

Mick Schumacher mendapatkan satu gelar Driver of The Day musim ini di GP Austria. Ia tampil sangat impresif dengan finis di posisi ke-6 dan menyumbangkan delapan poin untuk Haas.

Hal tersebut merupakan hasil finis terbaik Mick sejauh ini di Formula 1. GP Austria 2022 adalah balapan kedua Mick di mana ia meraih poin setelah pembalap Jerman ini finis di 10 besar untuk pertama kalinya di Formula 1 di GP Inggris 2022 di mana ia finis di posisi kedelapan dan meraih empat poin.

2. Nyck De Vries

9 Pembalap Peraih Gelar Driver of The Day pada Formula 1 2022 Nyck De Vries (williamsf1.com)

Pembalap lainnya yang juga mendapat satu gelar Driver of The Day musim ini adalah Nyck De Vries. Ia menjalani balapan Formula 1 pertamanya di GP Italia 2022.

Ia tampil membela Williams untuk menggantikan Alex Albon yang absen karena alasan medis. Di akhir balapan, ia finis kesembilan dan meraih dua poin perdananya di Formula 1.

3. Carlos Sainz

9 Pembalap Peraih Gelar Driver of The Day pada Formula 1 2022 Carlos Sainz (formula1.com)

Carlos Sainz meraih satu gelar Driver of The Day di GP Perancis 2022. Menariknya, ia meraihnya bukan di GP Inggris 2022 di mana ia menang pertama kali di Formula 1.

Di GP Perancis, Sainz yang start dari baris paling belakang, tepatnya dari posisi ke-19, mampu finis di posisi kelima. Tak hanya itu, pembalap Spanyol ini juga mencatatkan fastest lap.

4. Daniel Ricciardo

9 Pembalap Peraih Gelar Driver of The Day pada Formula 1 2022 Daniel Ricciardo (formula1.com)

Daniel Ricciardo juga menjadi salah satu pembalap yang meraih satu gelar Driver of The Day pada musim 2022 ini. Ia meraihnya setelah menunjukkan performa yang cukup impresif di GP Meksiko.

Pembalap Mclaren ini sempat terlibat insiden dengan Yuki Tsunoda yang membuatnya terkena penalti 10 detik. Berkat strategi pit stop yang tepat, ia berhasil menyalip beberapa pembalap di fase akhir balapan dan finis ketujuh. Karena ia mampu menjaga jarak finis dengan pembalap di belakangnya cukup jauh, ia masih dapat mempertahankan posisi finis ketujuh meski mendapat penalti 10 detik.

5. Sergio Perez

9 Pembalap Peraih Gelar Driver of The Day pada Formula 1 2022 Sergio Perez mengangkat trofi juara pertama di GP Singapura 2022. (twitter.com/Oracle Red Bull Racing)

Sergio Perez mendapatkan tiga gelar Driver of The Day. Ia meraih gelar yang pertama musim ini di GP Monako di mana ia lebih unggul dari rekannya, Max Verstappen, untuk finis pertama di sirkuit Monte Carlo yang basah. Ia juga tertolong strategi pit stop yang jitu yang membantunya menyalip dua pembalap Ferrari.

Gelar keduanya diraih di GP Inggris saat ia sukses finis di podium kedua setelah sempat bersenggolan dengan Charles Leclerc yang membuatnya harus melanjutkan balapan dari posisi belakang. GP Singapura menjadi balapan di mana ia meraih gelar Driver of The Day ketiga musim ini. Ia sukses menyalip Leclerc sejak balapan mulai dan menyelesaikan balapan di posisi pertama.

Baca Juga: 11 Potret Charles Leclerc di Atas Podium Formula 1 2022

6. Sebastian Vettel

9 Pembalap Peraih Gelar Driver of The Day pada Formula 1 2022 Sebastian Vettel (formula1.com)

Sebastian Vettel juga meraih tiga gelar Driver of The Day musim ini. Gelar pertamanya diraih di GP Jepang ketika ia berhasil tampil maksimal dengan finis keenam di sirkuit Suzuka yang ia sukai dan juga banyak penonton Formula 1 lokal yang menggemari pembalap Jerman ini.

Lalu, di GP Amerika, Vettel yang start dari posisi ke-10 sempat memimpin balapan selama beberapa putaran. Di akhir balapan, ia mengejar Kevin Magnussen dan berhasil menyalip pembalap Haas tersebut dua tikungan sebelum garis finis.

GP Abu Dhabi 2022 menjadi balapan terakhir Vettel di Formula 1. Ia berhasil menutup kariernya di balap jet darat ini dengan meraih satu poin.

7. Lewis Hamilton

9 Pembalap Peraih Gelar Driver of The Day pada Formula 1 2022 Lewis Hamilton (formula1.com)

Peraih tujuh gelar juara dunia, Lewis Hamilton, juga masuk dalam daftar penerima gelar Driver of The Day Formula 1 2022. Di GP Spanyol, ia sukses finis kelima setelah sempat tercecer di urutan belakang akibat bersenggolan dengan Kevin Magnussen di awal balapan.

DI GP Azerbaijan, Hamilton yang start dari posisi ketujuh menjalani balapan dengan penuh tantangan dengan mobil Mercedes yang kurang kompetitif dan akhirnya finis di posisi keempat. Lalu, di GP Brasil, setelah bersenggolan dengan Max Verstappen dan melorot ke posisi ke-8, ia sukses menyelesaikan balapan di podium kedua untuk mendampingi George Russell memberi kemenangan 1-2 untuk Mercedes.

8. Charles Leclerc

9 Pembalap Peraih Gelar Driver of The Day pada Formula 1 2022 Charles Leclerc memegang trofi kemenangan GP Australia 2022. (twitter.com/FIA)

Charles Leclerc meraih tiga gelar Driver of The Day dalam tiga balapan pertama musim ini berturut-turut. Ia memimpin kemenangan 1-2 untuk Ferrari bersama Carlos Sainz di GP Bahrain, lalu bertarung sengit dengan Max Verstappen hingga garis finis di GP Arab Saudi meski ia gagal menang, dan mencetak grand slam di GP Australia dengan meraih pole position, menjadi pemenang, memimpin balapan dari awal hingga akhir, serta mencatatkan fastest lap.

Lalu, gelar keempatnya diraih di GP Kanada. Ia yang start dari baris belakang akibat mendapat penalti mesin sukses mengakhiri balapan di posisi kelima.

9. Max Verstappen

9 Pembalap Peraih Gelar Driver of The Day pada Formula 1 2022 Max Verstappen meraih gelar juara dunia pembalap Formula 1 pertamanya di GP Abu Dhabi 2021. (formula1.com)

Max Verstappen menjadi pembalap dengan gelar Driver of The Day terbanyak musim ini. Ia sukses mendominasi GP Emilia Romagna dan berlanjut ke balapan berikutnya, yakni GP Miami, di mana ia dapat melewati pertarungan dengan dua pembalap Ferrari untuk memenangi GP Miami pertama dalam sejarah Formula 1.

Tiga gelar berikutnya diraih dalam tiga balapan beruntun. Ia start dari posisi ke-10, sempat melintir di tengah balapan, dan pulang dari GP Hungaria sebagai pemenang. Di GP Belgia, ia yang start dari posisi ke-14 akibat penalti mesin sukses tampil impresif tanpa perlawanan berarti dari pembalap lain untuk meraih podium tertinggi. Lalu, di GP Belanda, meski sempat ditekan oleh Mercedes, strategi pit stop yang jitu membantunya meraih juara di GP Belanda dalam dua tahun berturut-turut.

Kelima dari sembilan pembalap di atas mampu meraih gelar Driver of The Day meski tidak pernah menjadi pemenang. Lebih penting lagi, Nyck De Vries langsung mendapatkan gelar tersebut di balapan Formula 1 perdananya.

Baca Juga: 11 Aksi Sergio Perez di Atas Podium Formula 1 2022

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya