Comscore Tracker

3 Klaster Siap Gelar Laga Pembuka PON Papua

PON Papua digelar di awal Oktober 2021 mendatang

Jakarta, IDN Times - Meski PON Papua baru resmi dibuka pada 2 Oktober 2021 mendatang, beberapa pertandingan sudah dimulai pada akhir September ini. Tiga klaster pun sudah siap untuk menggelar laga pembuka PON Papua.

Pertandingan pertama PON Papua bakal digelar pada 22 September 2021 di Universitas Cendrawasih, Kota Jayapura, memainkan cabor sofbol. Sehari setelahnya, giliran bisbol menggelar laga perdana di Lapangan TNI Angkatan Udara Sentani Kabupaten Jayapura.

Masih pada hari yang sama, cabor terbang layang juga akan menggelar laga perdana di klaster Kabupaten Mimika. Cabor polo air juga akan dipertandingkan di Stadion Akuatik Kampung Harapan.

1. Ketua Panwasrah PON tinjau venue bisbol

3 Klaster Siap Gelar Laga Pembuka PON PapuaSuasana lapangan pertandingan bulu tangkis di Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/7/2021) yang akan digunakan untuk PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON Papua, Suwarno, meninjau dua venue yang akan digunakan untuk laga pembuka bisbol PON Papua. Satu venue berada di Universitas Cendrawasih, yakni Stadion Agus Kafiar, dan lainnya di kompleks TNI AU Sentani, yakni Stadion Marthen Indey.

"Untuk bisbol, satu venue ada di lingkungan Uncen, yang kedua ada di Kompleks TNI AU, nanti akan digunakan untuk bisbol yang akan dimulai 23 September 2021," ujar Suwarno, dilansir situs resmi KONI.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Izinkan PON XX Papua 2021 Pakai Penonton

2. Cabor bisbol akan gelar laga secara bersamaan

3 Klaster Siap Gelar Laga Pembuka PON Papua(Arena lapangan baseball di Asian Games 2018) IDN Times/Uni Lubis

Technical delegate cabor bisbol, Leo Agus Cahyono, menegaskan bisa menggelar laga di dua tempat berbeda dalam waktu sama. Meski dua venue ini ada di dua klaster berbeda, hal itu bukanlah masalah.

"Pada PON XX 2021 di Papua cabang olahraga bisbol akan bermain di waktu yang sama di dua stadion," tutur Leo.

3. Panwasrah berharap venue bisa dimanfaatkan selepas PON

3 Klaster Siap Gelar Laga Pembuka PON PapuaVenue voli indoor PON XX Papua di Koya Koso, Muaratami, Kota Jayapura, Papua, Selasa (22/6/2021). (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Suwarno mengungkapkan, venue untuk cabor bisbol di PON ini sudah berstandar internasional, mengacu kepada standar Major League Baseball (MLB). Dia pun berharap, venue ini bisa dipakai untuk pembinaan atlet selepas PON nanti,

"Kami berharap pemanfaatannya bisa menjadi maksimal dan nanti pada saat pasca PON Papua, lapangan ini akan digunakan untuk pembinaan atlet bisbol khususnya Papua maupun nasional," ujar Suwarno.

Baca Juga: PLN Gelontorkan Rp313 Miliar Demi PON Papua

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya