5 Fakta Formula 1 2020: Dominasi Lewis Hamilton di Pusaran COVID-19

Hamilton menyamai rekor Michael Schumacher

Jakarta, IDN Times - Berakhirnya GP Abu Dhabi pada Minggu (13/12/2020) malam menjadi penanda usainya gelaran Formula 1 2020. Max Verstappen sukses menjuarai GP Abu Dhabi, mengungguli duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Meski begitu, gelar juara tetap menjadi milik Hamilton. Pembalap asal Inggris itu sudah menyegel gelar juara Formula 1 2020 sejak GP Turki pada pertengahan November lalu. Total, hingga akhir gelaran Formula 1 2021, Hamilton mengumpulkan 347 poin, unggul 124 poin dari Bottas.

Gelar ini membuat Hamilton berhasil menyamai torehan pembalap legendaris asal Jerman, Michael Schumacher. Total, Hamilton dan Schumacher sama-sama meraih 7 titel Formula 1 sejauh ini. Selain torehan Hamilton ini, ada juga beberapa fakta menarik dari ajang Formula 1 2020. Berikut beberapa di antaranya.

1. Banyaknya balapan yang ditunda

5 Fakta Formula 1 2020: Dominasi Lewis Hamilton di Pusaran COVID-19(Suasana balap F1 di Singapura) formula1.ferrari.com

Tidak jauh berbeda dengan MotoGP, ajang Formula 1 juga mengalami banyak penundaan pada 2020 ini. Pangkalnya adalah pandemik COVID-19 yang melanda seluruh dunia.

Sejatinya, Formula 1 terdiri dari 30 seri GP. Namun, 13 seri mesti ditunda akibat pandemik COVID-19 yang melanda negara tempat seri itu berada. Alhasil, musim ini hanya terdiri dari 17 seri.

Kebanyakan seri juga digelar di Eropa. Tercatat, hanya ada tiga seri yang digelar di Asia, seperti GP Bahrain, GP Sakhir, serta GP Abu Dhabi.

Baca Juga: Formula 1: FIA Investigasi Kecelakaan Romain Grosjean di Bahrain

2. Beberapa pembalap terpapar COVID-19

5 Fakta Formula 1 2020: Dominasi Lewis Hamilton di Pusaran COVID-19instagram.com/lewishamilton

Beberapa pebalap Formula 1 terjangkit COVID-19. Di antaranya adalah Sergio Perez, Lance Stroll, dan terakhir Hamilton sendiri.

Perez terkena COVID-19 jelang GP Silverstone, Inggris. Ia juga jadi pembalap Formula 1 pertama yang terjangkit COVID-19. Sedangkan Stroll terpapar COVID-19 menjelang GP Eifel di Jerman.

Terakhir, Hamilton terkena COVID-19 selepas menjalani GP Bahrain. Alhasil, ia harus absen di GP Sakhir dan digantikan oleh pembalap Williams, George Russell. Mercedes dan Williams bahkan sampai bernegosiasi agar Russell bisa membalap untuk Mercedes.

3. Romain Grosjean kecelakaan parah

5 Fakta Formula 1 2020: Dominasi Lewis Hamilton di Pusaran COVID-19instagram

Romain Grosjean mengalami kecelakaan parah di ajang GP Bahrain. Setelah mobilnya menabrak pembatas jalan, mobilnya terbelah dua, lalu terbakar. Namun, mukjizat masih menaungi pembalap Haas tersebut.

Ia mampu keluar dengan selamat dari mobilnya, dibantu oleh tim medis yang ada di sirkuit. Ia langsung dibawa ke rumah sakit di Manama karena mengalami luka bakar di tangan dan pergelangan kaki.

FIA selaku Federasi Otomotif Internasional pun rencananya akan melakukan investigasi perkara kecelakaan Grosjean ini. Bekerja sama dengan Haas, Formula 1, dan Asosiasi Pembalap Grand Prix, investigasi diperkirakan akan berlangsung selama enam hingga delapan minggu.

4. Dominasi Hamilton masih terasa

5 Fakta Formula 1 2020: Dominasi Lewis Hamilton di Pusaran COVID-19twitter.com/LewisHamilton

Hamilton menjadi sosok yang cukup mendominasi dalam ajang Formula 1 beberapa tahun terakhir. Ternyata, dominasi pembalap asal Inggris itu masih terasa di ajang Formula 1 2020 ini.

Total, sepanjang 2020 ini, Hamilton sukses memenangi 11 balapan, yakni di Sytria, Hungaria, Silverstone, Spanyol, Belgia, Tuscan, Eifel, Portugal, Emilia-Romagna, Turki, serta Bahrain.

Hanya dua kali Hamilton keluar dari posisi tiga besar, yakni ketika GP Austria dan Italia. Sisanya, Hamilton masuk peringkat tiga di GP Abu Dhabi dan GP Rusia, serta posisi kedua di ulang tahun ke-70 Formula 1 yang digelar di GP Inggris.

Di bawah Hamilton, ada nama-nama lain macam Valtteri Bottas dan Max Verstappen. Perez dan Daniel Ricciardo masing-masing berada di peringkat empat dan lima.

5. Pabrikan terbaik tetaplah Mercedes

5 Fakta Formula 1 2020: Dominasi Lewis Hamilton di Pusaran COVID-19Formula 1

Berkat penampilan apik dari Hamilton, Mercedes pun keluar sebagai pabrikan terbaik di tahun 2020. Pabrikan asal Jerman itu sukses mengumpulkan 573 poin, unggul jauh atas Red Bull Racing-Honda yang ada di posisi kedua dengan torehan 319 poin.

Di bawah mereka, ada McLaren-Renaulti yang sukses mengumpulkan 202 pemain, diikuti oleh Racing Point-BWT Mercedes yang menorehkan 195 pemain. Dari catatan di atas, tampak bahwa Mercedes masih menguasai pabrikan Formula 1.

Baca Juga: Mengenal Anak Michael Schumacher, Pembalap Debutan di Formula 1 2021

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya