Akhirnya, Max Gunther Berjaya di Formula E 2023 Jakarta

Gunther mengungguli Jack Dennis dan Mitch Evans

Jakarta, IDN Times - Maximilian Gunther sukses menancapkan kuasanya dalam gelaran seri dua Gulavit Jakarta E-Prix 2023 (Formula E 2023 Jakarta). Bertempur di AGI Jakarta International E-Prix Circuit, Minggu (4/6/2023), dia mengunci posisi pertama.

Gunther mengungguli Jack Dennis dan Mitch Evans yang harus rela finis di posisi dua dan tiga. Dennis menorehkan selisih waktu 2,887 detik dari Gunther, sedangkan Evans menorehkan selisih waktu 18,300 detik dari Gunther.

Pada awal balapan, insiden sudah terjadi antara pembalap asal Brasil, Lucas Di Grassi dan David Beckmann. Tabrakan yang terjadi antara keduanya membuat Beckmann harus mengakhiri balapan dan hal ini tengah diinvestigasi oleh steward.

Di papan atas, apa yang dialami Maximilian Gunther di seri pertama sempat terulang lagi. Pada awal balapan, dia sempat tersusul oleh Jake Dennis dan Mitch Evans. Namun, di seri kedua ini, Gunther tak mau menyerah.

Di kisaran lap 12 hingga 17, Gunther bertarung ketat dengan Evans dan Dennis untuk memperebutkan posisi pertama. Time attack pun sempat digunakan Gunther untuk mengejar Evans yang sempat mengisi posisi pertama.

Sementara itu, Pascal Wehrlein yang memenangkan seri pertama lalu masih terpuruk di peringkat enam. Dia masih belum bisa menyusul Stoffel Vandoorne dan Sacha Fenestraz yang ada di atasnya. Dia juga harus menjauhkan diri dari Nick Cassidy.

Beruntung bagi Wehrlein, Cassidy urung meneruskan balapan sehingga dia bisa fokus mengejar Vandoorne dan Fenestraz. Di posisi tiga teratas, Evans, Dennis, dan Gunther masih bersaing sengit untuk posisi pertama.

Memasuki lap 23 ke atas, Gunther mulai menegaskan dominasinya. Buah dari time attack yang diambil, dia berhasil merangsek naik ke posisi pertama. Dennis yang berada di posisi tiga pun naik ke posisi dua meninggalkan Evans yang turun ke posisi tiga.

Khusus untuk insiden antara Di Grassi dan Beckmann, pada akhirnya tak ada sanksi yang diberikan race steward. Memasuki masa-masa akhir balapan, Gunther masih jadi yang terdepan mengungguli Dennis dan Evans.

Di sisi lain, Vandoorne yang sempat berada di posisi 4, harus rela terjun ke posisi 10. Dia tersusul oleh nama-nama macam Pascal Wehrlein, Sacha Fenestraz, bahkan Edoardo Mortara.

Hingga akhir balapan, Gunther berhasil mempertahankan tempatnya di posisi pertama. Dia pun melengkapi penampilan apiknya dalam gelaran seri dua Formula E 2023 Jakarta, sekaligus menebus kegagalannya di seri pertama lalu.

Baca Juga: Kualifikasi Seri 2 Formula E 2023 Jakarta: Gunther Pole Lagi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya