Aksi Gila Chris Paul Buka Jalan Phoenix Suns Menuju Final NBA

Paul dan Suns saling bersinergi

Jakarta, IDN Times - Chris Paul belum pernah merasakan atmosfer final NBA. Perjalanan Paul biasanya cuma mentok di play-off. Namun, musim ini, Paul merealisasikan mimpinya untuk tampil di NBA Finals bersama Phoenix Suns.

Kepastian itu didapat setelah Suns menundukkan Los Angeles Clippers di gim keenam babak final Western Conference dengan skor 130-103. Dalam duel itu, Paul menggila dengan mencetak 41 poin.

Kemenangan ini membuat total skor di antara kedua tim berubah menjadi 4-2. Dengan sisa satu gim tersisa, sudah tidak mungkin bagi Clippers untuk mengejar.

Suns pun resmi menjadi juara Western Conference NBA musim ini dan melangkah ke final. Khusus bagi Paul, ini jadi salah satu pelengkap dari perjalanan kariernya yang sudah bergelimang prestasi di NBA.

1. Paul sukses lewati masa sulit

Aksi Gila Chris Paul Buka Jalan Phoenix Suns Menuju Final NBAPemain Phoenix Suns Torrey Craig (kanan) berebut posisi untuk menangkap bola rebound dengan pemain Los Angeles Clippers Marcus Morris Sr. pada gim ke-6 Final Wilayah Barat NBA Playoffs 2021 di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Rabu (30/6/2021). Jadi juara WIlayah Barat, Phoenix Suns melaju ke babak Final NBA. ANTARA FOTO/USA TODAY Sports/Robert Hanashiro.

Capaian ke final ini menjadikan karier Paul di NBA paripurna. Bagaimana tidak, dia adalah peraih catatan penampilan terbanyak di NBA All-Star, plus juga sering terpilih masuk All-NBA selection. Namun, dia belum pernah sekalipun tampil di final NBA.

Kesempatan bagi Paul untuk tampil di NBA Finals sebenarnya hampir saja sirna. Di dua gim awal final Conference, dia harus absen lantaran menjalani isolasi. Dia juga sempat kesulitan mencetak angka di gim ketiga dan keempat.

Namun, mulai di gim kelima, dia menggeliat. Puncaknya, di gim keenam ini, Paul benar-benar menggila. Dia sukses menorehkan 41 poin, delapan assist, dan empat rebound, membawa Suns menundukkan Clippers plus mengunci satu tiket di final.

Baca Juga: 5 Kejutan Terbesar Sepanjang Sejarah Final NBA, Tak Terduga!

2. Suns semakin dekat dengan gelar NBA pertama

Aksi Gila Chris Paul Buka Jalan Phoenix Suns Menuju Final NBAPemain Phoenix Suns Devin Booker (1) melakukan dunks ke dalam basket Los Angeles Clippers pada gim ke-6 Final Wilayah Barat NBA Playoffs 2021 di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Rabu (30/6/2021). Jadi juara WIlayah Barat, Phoenix Suns melaju ke babak Final NBA. ANTARA FOTO/USA TODAY Sports/Gary A. Vasquez.

Berkat keberhasilan melaju ke final NBA, Suns semakin dekat dengan gelar pertamanya. Selama 53 tahun berdiri, Suns belum pernah meraih gelar, kendati sudah melaju ke final NBA pada 1976 dan 1993 silam.

Agar Suns bisa meraih gelar perdana, pelatih Suns, Monty Williams, meminta supaya fans selalu memberikan dukungan. Menurut Williams, dukungan dari fans Suns kerap menghadirkan sesuatu yang spesial untuk tim, selain tentunya energi besar.

"Saya merasakannya ketika memasuki arena. Atmosfer semacam itu, saya tidak tahu apakah ada yang mendekatinya. Memang, fans tim lain kerap bersorak, tetapi tidak ada yang lebih baik dari mereka," ujar Williams, dilansir ESPN FC.

3. Suns tinggal menunggu lawan

Aksi Gila Chris Paul Buka Jalan Phoenix Suns Menuju Final NBAPebasket Atlanta Hawks Trae Young (kiri) membawa bola dan berupaya melewati penjagaan pebasket Milwaukee Bucks Jrue Holiday (kanan) dalam laga pertama Final Playoff NBA Wilayah Timur, di Fiserv Forum, Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat, Rabu (23/6/2021). Hawks sementara memimpin setelah atasi Bucks 118 - 113. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-Michael McLoone-USA TODAY Sports.

Kini, Suns tinggal menunggu lawan dari Eastern Conference. Posisi teratas dari Conference tersebut masih diperebutkan oleh Atlanta Hawks dan Milwaukee Bucks. Total skor antara kedua tim juga masih imbang, 2-2, dan laga di sana baru akan memasuki gim kelima pada Jumat (2/7/2021).

Baik itu Hawks maupun Bucks, keduanya sama-sama punya potensi untuk mengancam Suns. Hawks punya Trae Young, yang ditopang nama-nama seperti Bogdan Bogdanovic, John Collins, dan Lou Williams. Sedangkan Bucks punya Giannis Antetokounmpo, Khris Middleton, dan Jrue Holiday.

Baca Juga: Daftar Lengkap Peraih Gelar Individu NBA Musim 2020/2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya