Aksi Sensasional Marc Marquez di Kualifikasi MotoGP

Quartararo apik, tetapi Marquez tampil prima

Jakarta, IDN Times - Hasil kualifikasi MotoGP 2021 Portimao rampung dilaksanakan. Bertempat di Sirkuit Internacional do Algarve, beberapa pembalap sudah mengunci tempat start untuk balapan, termasuk Marc Marquez yang baru kembali dari cedera panjang.

Fabio Quartararo jadi pembalap yang start dari posisi terdepan. Catatan waktu satu menit 38,862 detiknya gagal dikejar oleh para pembalap lain. Di tempat kedua, ada Alex Rins dengan catatan waktu satu menit 38,951 detik, dan Johann Zarco di tempat ketiga dengan catatan waktu satu menit 38,991 detik.

1. Marc Marquez kembali, langsung start keenam

Aksi Sensasional Marc Marquez di Kualifikasi MotoGPmotogp.com

Sesi kualifikasi MotoGP Portimao juga jadi momen kembalinya sang juara dunia yang membela Repsol Honda, Marc Marquez. Tak tanggung-tanggung, memulai kualifikasi dari sesi Q1, pembalap asal Spanyol itu mampu start di tempat yang terbilang mumpuni.

Marquez akan start dari posisi keenam, setelah mencatatkan waktu satu menit 39,121 detik. Untuk ukuran pembalap yang baru sembuh cedera, tentu ini jadi catatan waktu yang menjanjikan. Ada potensi Marquez untuk menggebrak di sesi balapan nanti.

Baca Juga: Waduh! Marc Marquez Tegang Jelang Comeback di MotoGP, Sampai Mules

2. Ke mana Valentino Rossi?

Aksi Sensasional Marc Marquez di Kualifikasi MotoGPmotogp.com

Saat Marquez mampu menorehkan catatan waktu apik di kualifikasi, Valentino Rossi justru kembali menelan pil pahit. Dia harus memulai balapan dari posisi 17, setelah hanya mampu mencatatkan waktu satu menit 39,943 detik. Dia bahkan kalah dari Enea Bastianini yang mampu start di posisi 16.

Nasib berbeda justru dialami Franco Morbidelli. Pembalap Petronas Yamaha itu mampu start di posisi lebih baik, yakni kelima. Catatan waktunya satu menit 39,103 detik, masih unggul atas Marquez di posisi keenam, tetapi kalah dari Miller dan Zarco.a

3. Sebenarnya, Bagnaia sempat duduki pole position

Aksi Sensasional Marc Marquez di Kualifikasi MotoGPmotogp.com

Sejatinya, sebelum Quartararo dipastikan memegang pole position, posisi tersebut berhasil dikunci oleh Francesco Bagnaia. Akan tetapi, catatan waktunya tak dihitung dan dia harus start dari posisi ke-11 di balapan nanti. Apa sebabnya?

Jadi, ketika Bagnaia sukses mengunci pole position, bendera kuning berkibar di Algarve, akibat dari kecelakaan yang diderita oleh Miguel Oliveira. Alhasil, Bagnaia harus rela catatan waktunya dihapus dan start dari posisi 11.

Sesi balapan di MotoGP Portimao ini akan dimulai pada Minggu (18/4/2021) malam. Akankah Fabio Quartararo mempertahankan posisinya, atau akan ada pergerakan khusus dari Marc Marquez yang baru kembali balapan lagi?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya