Alvin Tehupeiory Melaju ke Babak Utama Olimpiade Tokyo 2020!

Alvin lolos dari babak kualifikasi

Jakarta, IDN Times - Atlet Indonesia Alvin Tehupeiory menjalani awal yang mengesankan di Olimpiade Tokyo 2020. Dia lolos dari babak penyisihan cabang olahraga atletik nomor 100 meter putri yang diadakan pada Jumat (30/7/2021).

Bertanding di heat ketiga babak penyisihan, Alvin mencatatkan waktu 11.89 detik. Dia jadi yang tercepat ketiga, di belakang Joella Lloyd dari Antigua dan Barbuda, serta Asimenye Simwaka dari Malawi. Alvin pun lolos ke babak utama yang akan dihelat di hari yang sama.

1. Alvin bukan pilihan pertama Indonesia

Alvin Tehupeiory Melaju ke Babak Utama Olimpiade Tokyo 2020!Alvin Tehupeiory, atlet asal Indonesia. (instagram.com/alvinatehupeiory)

Nama Alvin sebenarnya bukan pilihan pertama saat Indonesia mendapatkan tiket tambahan Olimpiade cabor atletik melalui jalur universality place. Kandidat utama yang dipilih adalah Emilia Nova, peraih medali perak nomor 100 meter gawang Asian Games 2018.

Namun, lantaran Emilia cedera, PASI pun memberikan tiket ini kepada Alvin. Awalnya, juara nasional nomor 100 meter ini tidak menyangka terpilih untuk berlomba di Olimpiade. Ciamiknya, Alvin bisa membalas kepercayaan yang diberikan dengan lolos ke babak utama.

“Saya sempat kaget juga karena saya tahu yang ikut Emilia karena juga juara SEA Games dan Asian Games, sementara saya baru menang di kejurnas. Puji Tuhan, keputusan PB PASI bahwa saya dipercaya ikut Olimpiade,” ujar Alvin.

Baca Juga: Aura Magis Olimpiade yang Tumbangkan Nomor Satu Dunia

2. Alvin akan menghadapi lawan berat

Alvin Tehupeiory Melaju ke Babak Utama Olimpiade Tokyo 2020!Alvin Tehupeiory, atlet asal Indonesia. (instagram.com/alvinatehupeiory)

Di babak utama nanti, Alvin akan berlomba di heat kedua. Dia bakal menghadapi lawan-lawan yang berat. Salah satunya adalah atlet asal Jamaika, Elaine Thompson-Herah, yang saat ini menduduki peringkat empat dunia.

Selain Thompson-Herah, Alvin juga bakal menghadapi atlet asal Trinidad & Tobago, Kelly-Ann Baptiste, yang memiliki catatan waktu terbaik di bawah 11 detik. Ada juga atlet Swiss, Mujinga Kambundji, yang duduk di peringkat 14 dunia.

3. Alvin siap memberikan yang terbaik

Alvin Tehupeiory Melaju ke Babak Utama Olimpiade Tokyo 2020!Alvin Tehupeiory, atlet asal Indonesia. (instagram.com/alvinatehupeiory)

Meski menghadapi lawan-lawan berat, dengan kesempatan untuk unjuk kemampuan, Alvin siap memberikan yang terbaik. Dia ingin menunjukkan kemampuan dengan mempertajam catatan waktu terbaiknya, 11.64 detik.

“Di babak berikutnya, saya akan berusaha yang terbaik lagi dan akan berusaha memperbaiki rekor pribadi saya. Jika Tuhan mengizinkan saya akan berusaha memecahkan rekor nasional milik Kak Irene (Truitje Joseph) di Olimpiade Tokyo 2020 ini,” tutur Alvin Tehupeiory.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Tim Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 Hari Ini 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya