Angin Kencang Hentikan Rio Waida di Olimpiade Tokyo

Perjalanan Rio Waida di #Tokyo2020 terhenti

Jakarta, IDN Times - Rio Waida gagal melangkah lebih jauh di Olimpiade Tokyo 2020. Bertanding di babak ketiga cabang olahraga selancar nomor men's shortboard, Senin (26/7/2021), dia kalah dari peselancar tuan rumah, Kanoa Igarashi.

Ditemui selepas pertandingan, Rio menyebut salah satu faktor yang menyulitkannya di babak ketiga ini adalah angin kencang. Memang, cuaca buruk sempat melanda Tsurigasaki Surfing Beach, dan hal tersebut membuat ombak jadi sangat deras. Itu yang membuat Rio kesusahan.

"Saya sampai masuk ke dalam laut. Posisi di laut yang tidak saya mau. Pada 10 menit pertama saya bingung mau ke mana. Saya coba mencari ombak, akhirnya dapat juga. Saya mencoba tampil baik, tetapi mungkin di mata juri kurang bagus," ujar Rio.

1. Rio sempat berusaha mengejar Igarashi

Angin Kencang Hentikan Rio Waida di Olimpiade TokyoSurfer Indonesia, Rio Waida di ajang Olimpiade Tokyo 2020. (dok. NOC Indonesia)

Setelah sempat tercemplung ke dalam laut, Rio sempat berusaha mengejar Igarashi. Dia pun mengakui banyak ombak di Tsurigasaki. Tetapi, dia kesulitan menemukan ombak yang bagus.

"Terakhir berusaha mengejar, tetapi gagal. Ombak sebenarnya banyak, cuma sulit mencari yang bagus. Sempat saya dapat ombak, tetapi mungkin kurang enak untuk dimanfaatkan surfing. Jika saya dapat lebih banyak ombak, mungkin bisa memperbesar raihan ombaknya," tutur Rio.

Baca Juga: Rio Waida Gagal ke Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

2. Igarashi memberinya banyak pelajaran

Angin Kencang Hentikan Rio Waida di Olimpiade TokyoSurfer Indonesia, Rio Waida di ajang Olimpiade Tokyo 2020. (dok. NOC Indonesia)

Kendati kalah, Rio mengaku mendapatkan banyak pelajaran. Apalagi, dia melawan Igarashi yang merupakan rangking enam dunia, plus ditopang status sebagai tuan rumah. Ke depan, dia berjanji akan tampil lebih baik.

"Lawan rangking enam dunia, ada motivasi lebih. Apalagi dia tuan rumah. Saya ingin mengalahkannya, tetapi saya belajar banyak sama dia. Saya sedih tidak bisa masuk ke babak selanjutnya, tetapi akan berusaha tampil lebih baik lagi nantinya," ungkap Rio.

3. Rio meminta maaf kepada masyarakat Indonesia

Angin Kencang Hentikan Rio Waida di Olimpiade TokyoSurfer Indonesia, Rio Waida di ajang Olimpiade Tokyo 2020. (dok. NOC Indonesia)

Rio pun meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia karena tidak bisa pulang membawa medali. Namun, Rio tidak ingin larut dalam kekalahan. Dia pun bersiap untuk ajang-ajang selanjutnya, termasuk kelak Olimpiade Paris 2024.

"Terima kasih atas dukungan teman-teman dan Indonesia. Mohon maaf, saya belum bisa membawa pulang medali. Saya akan berusaha lebih keras untuk bisa tampil lebih baik di Olimpiade Paris 2024," kata Rio Waida.

Baca Juga: Pimpin Defile Indonesia di Olimpiade, Rio Waida Pakai Baju Adat Bali

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya