Apesnya Marc Marquez, Gagal Finis Lagi

Marquez alami kecelakaan lagi di Mugello

Jakarta, IDN Times - Entah apa yang terjadi dengan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Dia gagal finis dalam dua seri beruntun MotoGP 2021. Setelah crash di sirkuit Le Mans, Prancis, Marquez kembali jatuh dan gagal finis di MotoGP Italia, akhir pekan lalu.

Ironisnya, Marquez jatuh saat balapan menyisakan satu putaran lagi. Sebenarnya, dia cuma butuh tenang agar bisa finis. Namun, saat mencoba untuk menyalip Brad Binder yang ada di posisi sembilan, petaka justru menimpa pembalap asal Spanyol tersebut.

Alih-alih berhasil menyalip, Marquez justru terjatuh dan akhirnya tidak bisa melanjutkan balapan. Alhasil, dia gagal finis untuk kedua kalinya musim ini. Pun, dia gagal memperbaiki posisi di klasemen pembalap MotoGP.

Baca Juga: Kontroversi MotoGP Mugello Usai Tewasnya Jason Dupasquier

1. Binder hampir saja jadi korban

Apesnya Marc Marquez, Gagal Finis LagiBrad Binder. (motorsport.com)

Dalam insiden jatuhnya Marquez ini, Binder hampir saja menjadi korban. Dia hampir ikut terjatuh saat Marquez menyenggol motornya. Beruntung, dia bisa menyeimbangkan diri sehingga tidak terjatuh dan tetap bisa melanjutkan balapan.

Namun, Binder harus menerima kenyataan airbag (kantung tempat oksigen pembalap tersimpan) miliknya lepas dari baju. Alhasil, dia harus menyelesaikan balapan dengan kondisi tidak ada tabung oksigen. Namun, akhirnya dia mampu menyelesaikan balapan dengan baik.

"Benar-benar sulit. Saya hampir susah bernapas. Sulit juga bagi saya untuk mengendalikan motor dan menahan laju angin yang kencang dari arah depan. Beruntung, saya bisa menemukan ritme kembali dan mengakhiri balapan di posisi sebelumnya," ujar Binder, dilansir Crash.

2. Marquez akui insiden ini kesalahannya

Apesnya Marc Marquez, Gagal Finis Lagimotogp.com

Lebih lanjut, Marquez mengakui kesalahannya. Dia sadar ada kontak dengan Binder. Ketika akan menyusul Binder dan berbelok di tikungan kedua, dia terlalu fokus pada gerakan sendiri dan tidak melihat kehadiran Binder.

"Jika memang itu adalah insiden, kesalahan ada pada saya. Karena saya melaju di tikungan kedua , tanpa melihat dia. Saya kira, dia berada jauh ketika saya coba untuk mengubah arah. Tahu-tahu, dia ada di dekat saya dan kami bersenggolan," ujar Marquez.

"Beruntung, akhirnya hanya saya saja yang terjatuh. Karena insiden ini murni kesalahan, tidak apa-apa jika akhirnya saya begini (tidak menyelesaikan balapan)," lanjutnya.

3. Kendati alami kecelakaan, Marquez tidak cedera

Apesnya Marc Marquez, Gagal Finis Lagimotogp.com

Meski mengalami kecelakaan, Marquez mengaku saat ini kondisi tubuhnya justru semakin baik. Dia tidak perlu lagi berjuang menahan rasa sakit di lengan dan bahunya selama balapan di sirkuit Mugello. Hal tersebut jadi bekal bagus buatnya jelang menghadapi MotoGP Catalunya.

"Apa yang dialami di sini (Mugello) merupakan pertanda saya bisa menikmati MotoGP Catalunya dengan lebih leluasa. Biasanya, saya harus berjuang menahan rasa sakit. Kini, saya tidak perlu melakukan itu lagi dan bisa membalap dengan lebih leluasa," ujar The Baby Alien.

Baca Juga: Marc Marquez Tak Kunjung Bangkit, Luca Cadalora: Magisnya Sudah Hilang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya