Digelar di Indonesia, Ini Arti di Balik Logo Piala Dunia Basket 2023

Tiga elemen itu adalah hati, trofi Naismith, dan angka 23

Jakarta, IDN Times - Federasi basekt dunia (FIBA) meluncurkan logo resmi untuk gelaran Piala Dunia Basket 2023 dua tahun silam, tepatnya pada Jumat, 4 Oktober 2020. Ada tiga elemen kunci yang jadi dasar dari lahirnya logo ini, yaitu Hati, Trofi Naismith, dan tahun 2023.

Pada penyelenggaraan kali ini, FIBA memang coba meluncurkan tema yang segar. Indonesia sendiri dipercaya sebagai salah satu dari tiga tuan rumah, bersama dengan Jepang dan Filipina.

1. Makna dari tiga elemen dalam logo Piala Dunia Basket 2023

Digelar di Indonesia, Ini Arti di Balik Logo Piala Dunia Basket 2023Piala Dunia Basket 2023. (Website/fiba.basketball)

Peluncuran logo Piala Dunia Basket 2023 kali ini merupakan bagian dari kampanye FIBA, yaitu #Don'tMissABeat. Tiga elemen dari logo dalam Piala Dunia Basket 2023 ini sendiri memiliki makna masig-masing.

Hati yang menyamping melambangkan semangat permainan. Trofi Naismith adalah impian semua tim partisipan FIBA World Cup, serta angka 23 mewakili tahun saat kejuaraan ini berlangsung di tiga negara tuan rumah, yaitu Filipina, Jepang dan Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023, Ini 4 Permintaan Jokowi

2. Piala Dunia Basket 2023 akan berlangsung pada Agustus hingga September

Digelar di Indonesia, Ini Arti di Balik Logo Piala Dunia Basket 2023http://judibasket.com

Piala Dunia Basket 2023 ini dijadwalkan berlangsung 25 Agustus-10 September 2023. Ada tiga kota yang akan jadi tempat penyelenggaraan, yakni Manila, Okinawa, dan Jakarta. Fase grup akan berlangsung di tiga kota tersebut, sementara babak akhir digelar di Manila.

"Ini merupakan pencapaian yang sangat menarik. Logo Piala Dunia Basket 2023 yang khas melambangkan kecintaan kami pada permainan seperti yang diyakini panitia penyelenggara dan FIBA, serta mewakili visi dan semangat acara yang menyatukan tiga negara untuk pertama kalinya," kata Sekjen FIBA, Andreas Zagklis, dalam keterangan resminya. 

3. Perbasi sambut gembira peluncuran logo ini

Digelar di Indonesia, Ini Arti di Balik Logo Piala Dunia Basket 2023Goggle

Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih menyambut gembira peluncuran logo Piala Dunia Basket 2023 ini. Menurutnya, ini merupakan langkah pertama yang menarik. Berikutnya, ada banyak langkah lain yang akan dilakukan tiga negara tuan rumah untuk FIBA dan penggemar basket di seluruh dunia

"Kami berharap pencinta basket seluruh dunia menjadi bagian dari acara luar biasa ini dengan berpartisipasi pada kampanye #Don'tMissABeat," ujar Danny.

Kampanye #Don'tMissABeat bertujuan mendorong semua penggemar untuk bergembira seiring gelaran Piala Dunia Basket 2023 ini. Pebasket dari Filipina, Jepang dan Indonesia akan menjadi bagian dari kampanye ini pada pekan mendatang.

Baca Juga: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket, Jokowi: Harus Kita Manfaatkan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya