Atlet Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020 Pulang ke Indonesia Hari Ini

Atlet Indonesia diperkirakan tiba 30 Juli dini hari

Jakarta, IDN Times - Setelah menuntaskan pertandingan di Olimpiade Tokyo 2020, beberapa atlet dipastikan pulang ke Indonesia. Di antara mereka yang pulang adalah Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika Aisah.

Kedua atlet angkat besi itu dijadwalkan pulang pada hari ini Kamis (29/7/2021). Bersama Eko dan Windy, lima atlet lain juga bakal meninggalkan Tokyo.

Mereka adalah Deni, Mutiara Putri, Melanie Putri, Azzahra Permatahani, dan Rio Waida. Para atlet didampingi oleh ofisial dari masing-masing cabang olahraga.

1. Rombongan Indonesia dilepas oleh Dubes RI untuk Jepang

Atlet Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020 Pulang ke Indonesia Hari IniInfografis Angkat Besi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelum meninggalkan Tokyo, rombongan yang terdiri dari 13 orang ini dilepas oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Republik Mikronesia, Heri Ahmadi, didampingi oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, dan Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Rosan P. Roeslani.

Dalam kesempatan ini, Rosan menyampaikan laporan kegiatan kontingen Indonesia selama mengikuti Olimpiade Tokyo kepada Duta Besar dan mengucapkan apresiasi atas semua bantuan yang diberikan.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo kepada tim Indonesia sejak kami datang hingga saat ini. Rombongan pertama tim Indonesia akan kembali ke Tanah Air dan kelancaran segala urusan kami di sini tidak lepas dari peran Pak Dubes dan seluruh staf KBRI Tokyo,” ujar Rosan.

Baca Juga: Sang Ibu Kenang Perjuangan Windy ke Olimpiade, Barbel Semen Jadi Saksi

2. Dubes RI beri penghargaan kepada atlet

Atlet Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020 Pulang ke Indonesia Hari IniKontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (dok. Komite Olimpiade Indonesia)

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Heri Ahmadi memberikan penghargaan kepada dua peraih medali, Eko dan Windy, berupa tiket Garuda Indonesia Jakarta-Tokyo pulang pergi yang berlaku selama setahun. Selain itu, atlet lain juga mendapatkan cendera mata dari KBRI.

“Kami ingin mengundang para peraih medali untuk kembali ke Tokyo. Untuk itu, kami menyediakan tiket Jakarta-Tokyo yang diberikan oleh Garuda Indonesia dan BNI. Kami berharap bisa bertemu lagi dengan kalian,” ujar Heri.

3. Rombongan Indonesia akan disambut Menpora

Atlet Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020 Pulang ke Indonesia Hari IniLifter putri Indonesia, Windy Cantika Aisah / ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

Rencananya, rombongan pertama Indonesia yang pulang ini akan disambut langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Bandara Soekarno-Hatta. Mereka diperkirakan akan tiba pada Jumat (30/7/2021) dini hari.

Indonesia sejauh ini sudah meraih tiga medali di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Rincian medalinya adalah dua perunggu dan satu perak. Semua medali ini disumbangkan oleh cabor angkat besi.

Baca Juga: Eko Yuli, Dulu Pengembala Kambing Kini Atlet Koleksi 4 Medali Olimpiade

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya