Banyak Masuk Podium, Bukti Kekuatan Marc Marquez di MotoGP

Marquez punya kualitas

Jakarta, IDN Times - Tidak bisa dimungkiri, Marc Marquez adalah salah satu pembalap kuat di MotoGP dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu tampak dari capaian podium pembalap asal Spanyol tersebut.

Hingga kini, Marquez jadi pembalap dengan capaian podium terbanyak dalam satu musim. Hal itu terjadi pada 2019 silam, ketika dirinya mampu menorehkan 18 podium. Dia mengungguli pembalap-pembalap lain.

Baca Juga: Marc Marquez: 3 Bulan Lagi, Honda akan Bertransformasi

1. Marquez ungguli Rossi, Stoner, dan Pedrosa

Banyak Masuk Podium, Bukti Kekuatan Marc Marquez di MotoGPAlex Marquez di depan Marc Marquez. (motogp.com)

Torehan 18 podium Marquez ini mengungguli catatan Valentino Rossi, Casey Stoner, dan Dani Pedrosa. Rossi menorehkan 16 podium dalam rentang waktu 2003 hingga 2008. Sedangkan Stoner, dia menorehkan 16 podium pada 2011.

Pedrosa mencatatkan 15 podium pada 2012. Catatan Marquez pun masih menungguli Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo, yang menorehkan 10 podium pada 2021 (Quartararo) dan 2022 (Bagnaia).

Baca Juga: Jorge Lorenzo Masih Nilai Marc Marquez sebagai Pembalap MotoGP Terbaik

2. Marquez masih rutin menorehkan podium

Banyak Masuk Podium, Bukti Kekuatan Marc Marquez di MotoGPmotogp.com

Catatan podium Marquez sempat terhenti, lantaran cedera parah yang dia alami pada 2020. Memasuki 2021, pembalap asal Spanyol itu kembali masuk podium, menandakan kualitas yang dia miliki.

Tercatat, pada 2021, Marquez masuk podium sebanyak empat kali. Pada 2022, setelah absen lama akibat cedera diplopia, Marquez juga masih sempat mencatatkan podium di GP Australia.

Baca Juga: Fans MotoGP Wajib Tahu! Ini 22 Buku tentang MotoGP Layak Koleksi

3. Siap menggebrak di musim 2023

Banyak Masuk Podium, Bukti Kekuatan Marc Marquez di MotoGPmotogp.com

Setelah gagal meraih gelar MotoGP selama tiga musim beruntun, Marquez memiliki target wajib di MotoGP 2023 mendatang. Dia berujar, gelar juara jadi harga mati baginya dan juga Honda.

"Saya Marc Marquez, Honda adalah Honda, dan di tim ini, gelar juara adalah harga mati. Ini bukan sekadar niat saja, ini adalah tujuan. Jadi, MotoGP 2023 harus jadi milik kami," kata Marquez.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya