Comscore Tracker

Belum Dapat Lampu Hijau, Tes MotoGP di Sepang Tetap Digelar

Semua tergantung izin dari Pemerintah Malaysia

Jakarta, IDN Times - Ajang tes MotoGP yang akan dilaksanakan di Sepang, Malaysia pada pertengahan Februari 2021 direncanakan tetap berlanjut. Namun, semua masih menunggu keputusan resmi dan izin Pemerintah Malaysia.

Dilansir Crash, Malaysia saat ini tengah menerapkan pelarangan bagi warga negara asing (WNA) untuk memasuki wilayah mereka. WNA yang diperbolehkan masuk hanyalah mereka yang sudah mendapatkan izin tertulis dari Pemerintah Malaysia.

Mereka juga diberi persayaratan lainnya, yakni harus menjalani serangkaian protokol kesehatan yang ketat. Jika izin sudah ada, maka tes MotoGP yang sedianya bakal diselenggarakan pada 19-21 Februari, didahului oleh pembukaan pada 14-16 Februari, akan dapat terlaksana.

1. Semua tim MotoGP harus melewati serangkaian protokol kesehatan yang ketat

Belum Dapat Lampu Hijau, Tes MotoGP di Sepang Tetap Digelarmotogp.com

Jika memang nanti Pemerintah Malaysia mengizinkan, tes MotoGP di sana akan berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat. Protokol ini bahkan disinyalir lebih ketat dibandingkan protokol kesehatan yang diterapkan dalam ajang MotoGP 2020 lalu.

Setiap tim nantinya akan menjalani tes PCR sebelum berangkat dan setelah sampai di Malaysia. Pergerakan mereka selama di sana juga akan dikawal ketat. Mereka akan dikumpulkan dalam satu tempat (bubble) yang sama.

Baca Juga: Marquez Masih Absen di MotoGP 2021, Honda Diizinkan Pakai 3 Rider? 

2. Peluncuran Petronas Yamaha juga akan menerapkan protokol serupa

Belum Dapat Lampu Hijau, Tes MotoGP di Sepang Tetap DigelarFranco Morbidelli (Twitter.com/FrankyMorbido12)

Tidak hanya tes MotoGP, Sepang juga akan menjadi tempat peluncuran tim Petronas Yamaha bulan depan. Kegiatan tersebut bakal dihelat berdekatan dengan tes resmi MotoGP di Sepang. Protokol yang ketat pun akan berlaku untuk semua ofisial Petronas Yamaha.

Ajang pengenalan motor YZR-M1 yang akan dipakai oleh duo Petronas, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli, tidak akan dihadiri oleh media. Ajang ini akan berlangsung secara daring dan bisa disaksikan di manapun oleh jurnalis maupun fans.

3. Kalender MotoGP 2021 masih bisa berubah

Belum Dapat Lampu Hijau, Tes MotoGP di Sepang Tetap Digelarmotogp.com

Selepas tes di Sepang, tes kedua dan tes final MotoGP akan dilaksankan di Qatar pada 10-12 Maret 2021. Qatar setelahnya bakal menggelar seri pembuka MotoGP 2021 pada 28 Maret 2021 mendatang.

Namun, kalender sementara MotoGP 2021 yang sudah dirilis Dorna masih mungkin mengalami perubahan. Apalagi, ada beberapa sirkuit cadangan, termasuk Mandalika, yang masih berpotensi untuk masuk ke dalam kalender. Semua bergantung kepada perkembangan pandemik COVID-19.

Baca Juga: Diprediksi Absen 6 Bulan, Bagaimana Kans Marc Marquez di MotoGP 2021?

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya