Berlanjutnya Dominasi Spanyol dalam Ajang EuroBasket

Spanyol juara empat kali dalam enam gelaran terakhir

Jakarta, IDN Times - Spanyol tengah menjadi salah satu kekuatan menakutkan di basket Eropa saat ini. Terbaru, mereka berhasil mengunci gelar EuroBasket 2022, usai menundukkan Prancis di final dengan skor 88-76.

Sejak fase grup, dominasi dari Spanyol memang sudah terasa. Kendati tidak diperkuat oleh pemain-pemain menonjol, macam Giannis Antetokounmpo, Luka Doncic, Nikola Jokic, hingga Rudy Gobert, Spanyol sukses mempertontonkan permainan ciamik.

1. Kolektivitas tim yang apik

Berlanjutnya Dominasi Spanyol dalam Ajang EuroBasketRudy Fernandez tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Kebanyakan, para pemain Spanyol mentas di liga lokal. Namun, mereka tetap punya tiga pemain yang mentas di NBA, seperti Willy Hernangomez (New Orleans Pelicans), Usman Garuba (Houston Rockets), dan Juancho Hernangomez (Toronto Raptors).

Dengan materi pemain yang didominasi pemain-pemain liga lokal ini, Spanyol menggigit. Rupanya, selain kualitas pemain yang merata, Spanyol dibekali kolektivitas tim yang apik. Tak ada pemain yang kelewat menonjol di tim.

Hal itu terbukti, dari tidak adanya pemain Spanyol yang menjadi penoreh rataan poin tertinggi per laga, ataupun rataan rebound tertinggi per laga. Mereka semua merata, sehingga semua bisa memberikan ancaman bagi lawan.

Baca Juga: Spanyol Juara EuroBasket 2022, Willy Hernangomez MVP!

2. Spanyol punya pemain yang bisa jadi pemimpin

Berlanjutnya Dominasi Spanyol dalam Ajang EuroBasketWilly Hernangomez tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Meski berasaskan kolektivitas, Spanyol tetap memiliki pemain-pemain yang mampu jadi sosok pemimpin. Selepas kehilangan Pau dan Marc Gasol, serta ditinggal juga Sergio Llull dan Ricky Rubio, muncul dua nama yang jadi pemimpin di Spanyol saat ini.

Ya, mereka adalah Raul Fernandez dan Willy Hernangomez. Keduanya menjadi tulang punggung permainan Spanyol di turnamen ini. Fernandez dengan pengalamannya sebagai senior, dan Hernangomez dengan pengalamannya di NBA.

Di akhir turnamen, Hernangomez bahkan keluar sebagai pemain terbaik turnamen. Dia mengaku, sangat bangga dengan perjuangan rekan-rekannya di turnamen ini.

"Sulit menjelaskan apa yang saya rasakan saat ini. Saya benar-benar bangga dengan rekan setim saya, dengan staf pelatih, dan juga federasi basket Spanyol. Kami memang pantas mendapatkan medali emas ini," ujar Hernangomez dilansir ESPN FC.

3. Bertahannya dominasi Spanyol sejak 2009

Berlanjutnya Dominasi Spanyol dalam Ajang EuroBasketWilly Hernangomez tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Gelar EuroBasket 2022 ini memastikan bahwa dominasi Spanyol di EuroBasket tetap bertahan. Dalam enam perhelatan terakhir, sejak 2009, Spanyol sukses keluar sebagai juara sebanyak empat kali, yakni pada 2009, 2011, 2015, dan kini 2022.

Hanya dua kali saja Spanyol gagal menjuarai EuroBasket, yakni pada 2013 (Prancis menjadi juara) dan 2017 (Slovenia menjadi juara). Total, Negeri Matador sudah menjuarai turnamen ini sebanyak 32 kali.

Baca Juga: Deretan Pemain yang Memimpin Torehan Statistik di EuroBasket 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya