[BREAKING] Indonesia Gagal, Brisbane Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Brisbane didukung semua anggota IOC

Jakarta, IDN Times - Indonesia dipastikan gagal menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Berdasarkan hasil pertemuan yang dihelat IOC (Komite Olimpiade Internasional) di Tokyo, Brisbane terpilih jadi tuan rumah.

Dalam pemungutan suara anggota IOC yang dihelat di Tokyo, Rabu (21/7/2021), Brisbane jadi calon tunggal yang masih mendapatkan dukungan Future Host Commission IOC untuk jadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Hari yang bersejarah untuk Australia. Terima kasih kepada semua anggota IOC yang telah memberikan kepercayaan kepada kami. Olimpiade 2032 Brisbane akan jadi yang terbaik dalam sejarah," ujar John Coates, ketua NOC Australia sekaligus wakil presiden IOC, dilansir The Guardian.

Indonesia gagal mendapatkan status preferred host, status yang sejatinya sudah didapatkan oleh Brisbane sejak Februari 2021 lalu. Dengan begini, dipastikan Olimpiade kembali ke Negeri Kangguru.

Sebelumnya, Australia sudah pernah menggelar Olimpiade pada 1956 di Melbourne, serta 2000 di Sydney. Australia menyamai catatan Amerika Serikat yang mampu menjadi tuan rumah Olimpiade di tiga kota berbeda.

Dalam proses bidding tuan rumah Olimpiade 2032 ini, selain mengalahkan Indonesia, Brisbane juga mengalahkan Budapest (Hungaria), China, Doha (Qatar), dan Ruhr (Jerman).

Baca Juga: Komposer Olimpiade Tokyo Mundur karena Bully Kaum Difabel

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya