Comscore Tracker

Cari Bibit Baru, PASI Dukung IFG Labuan Bajo Marathon 2022

PASI siap menggaet bibit baru dari ajang ini

Jakarta, IDN Times - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mendukung gelaran IFG Labuan Bajo Marathon 2022. Ajang ini rencananya akan dihelat di Nusa Tenggara Timur, 29 Oktober 2022 mendatang.

Sekretaris Jenderal PASI, Tigor Tanjung, ingin agar ajang IFG Labuan Bajo Marathon digelar berkesinambungan. Dia berharap, dari ajang ini juga, lahir lagi bibit-bibit baru pelari nasional, yang bisa membawa Indonesia berprestasi.

"Pihak IFG ingin menggelar lomba ini untuk bisa dipertanggungjawabkan secara teknis dan memiliki kualitas yang baik, sehingga untuk jangka panjang dan berkesinambungan bisa menjadi kompetisi sehat," ujar Tigor dalam keterangan tertulis.

1. Upaya agar lari populer lagi di NTT

Cari Bibit Baru, PASI Dukung IFG Labuan Bajo Marathon 2022ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Tigor juga berharap dengan IFG Labuan Bajo Marathon, lari jarak jauh bisa populer lagi di NTT. Sebab, NTT adalah salah satu sumber para pelari berprestasi di Indonesia, yang kini tengah mengalami penurunan.

"Harapan kami di PASI, agar nomor lari jarak jauh bisa lebih populer lagi di NTT, karena dulu banyak pelari andal dari NTT, sekarang jumlahnya agak menurun," ujar Tigor.

Baca Juga: Lalu Zohri Catatkan Waktu Terbaik di Kejuaraan Dunia Atletik 2022

2. IFG Labuan Bajo Marathon libatkan 100 SMA

Cari Bibit Baru, PASI Dukung IFG Labuan Bajo Marathon 2022IFG Labuan Bajo Marathon 2022. (Dok. PB PASI)

Upaya IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dalam melahirkan bibit pelari nasional ini bukan main-main. mereka menggandeng pengurus daerah PASI NTT, Dispora NTT, dan melibatkan 100 Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam lomba ini.

Dari 100 sekolah itu, akan ada 400 siswa dan siswi yang dijaring untuk mengikuti pelatihan selama dua bulan oleh Agung Mulyawan, pelatih bersertifikasi IAAF (Federasi Atletik Internasional). Mereka akan disiapkan untuk berlomba di kategori 5K.

"Event ini merupakan bentuk dukungan IFG untuk mendorong lahirnya generasi baru atlet-atlet lari dari NTT," ujar Direktur Utama IFG, Robertus Billitea.

3. Nomor-nomor yang akan dipertandingkan

Cari Bibit Baru, PASI Dukung IFG Labuan Bajo Marathon 2022Ilustrasi lomba lari marathon

Selain nomor 5K, akan ada lagi beberapa nomor yang dipertandingkan di IFG Labuan Bajo Marathon 2022. Ada nomor full marathon 42K, half 21K, 10K, beberapa lomba kategori kelompok di Ekiden (estafet 5K), serta khusus anak-anak.

Panitia menargetkan lebih dari 1.500 pelari nasional dan internasional ambil bagian dalam ajang ini. Selain rute menantang, IFG Labuan Bajo Marathon 2022 juga menawarkan pemandangan indah sepanjang lomba.

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Terpilih Sebagai Ketua Umum PB PASI

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya