Cerita Joan Mir yang Tidak Sadar Disenggol Marc Marquez

Mir tidak tahu disenggol Marquez dari belakang

Jakarta, IDN Times - Ada cerita unik yang menimpa juara bertahan MotoGP 2020, Joan Mir. Pembalap Suzuki itu tidak sadar dalam gelaran MotoGP Portimao, dia ternyata disenggol oleh Marc Marquez.

Jadi, dalam balapan yang digelar di Sirkuit Algarve tersebut, Mir dan Marquez bersenggolan sebanyak dua kali. Nah, di senggolan kedua inilah, Mir tidak menyadari Marquez yang menyenggolnya. Seperti apa ceritanya?

Baca Juga: Luapan Emosi dan Tangis Marc Marquez yang Pecah di Portimao

1. Semua berawal dari kejadian di tikungan 11

Cerita Joan Mir yang Tidak Sadar Disenggol Marc Marquezinstagram.com/joanmir36official

Jadi, di awal-awal balapan, Mir menggeber motornya dan merangsek ke posisi sembilan. Lalu, pada tikungan 11, Mir dan Marquez mengalami sedikit senggolan. Namun, senggolan itu masih terbilang ringan. Marquez juga tidak bereaksi apa-apa.

Uniknya, beberapa lap setelahnya, di tikungan tiga, giliran Marquez yang menyenggol Mir. Ketika sedang berbelok, Marquez telat menarik rem motornya. Alhasil, dia menyenggol Mir dari belakang. Marquez juga sempat melebar sedikit di tikungan tersebut akibat insiden ini.

Mir juga tidak bereaksi berlebihan, dan kedua joki dapat menyelesaikan balapan dengan baik di Portimao. Mir finis ketiga, sedangkan Marquez empat strip di belakangnya.

2. Mir tidak tahu yang menyenggolnya dari belakang Marquez

Cerita Joan Mir yang Tidak Sadar Disenggol Marc Marquezmotogp.com

Diwawancarai selepas balapan, Mir mengaku tak tahu yang menyenggolnya adalah Marquez. Yang dia tahu, hanya bersenggolan dengan Marquez di awal balapan karena memang ingin meraih posisi atas.

"Di awal balapan, saya ingin langsung menerobos posisi terdepan, tetapi dia (Marc Marquez) menghalangi jalur saya. Hasilnya, kami pun bersentuhan. Telat bagi saya menarik rem," ujar Mir, dilansir Crash.

"Lalu, di beberapa lap setelah insiden itu, saya merasa ada yang menyenggol dari belakang. Namun, saya tidak tahu itu ternyata Marc Marquez," tambahnya.

3. Mir sadar senggolan adalah risiko di MotoGP

Cerita Joan Mir yang Tidak Sadar Disenggol Marc Marquezinstagram.com/joanmir36official

Meski saling senggol, Mir dan Marquez tidak melakukan komplain. Mir memahami untuk merebut posisi atas, kadang ada beberapa insiden senggolan kecil yang terjadi di antara para pembalap.

"Jika kamu ingin memenangi balapan di MotoGP, ada dua pilhan, yaitu start di posisi terdepan atau membalap dengan agresif. Saya lebih memilih yang pertama. Kemarin, saya start di posisi sembilan, sehingga main agresif sampai menyenggolnya (Marc Marquez)," ungkap Mir.

Baca Juga: Sembuh dari Cedera, Marc Marquez Finish Posisi 7, Rossi Tergelincir

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya