Dihukum Nets, Kyrie Irving Minta Maaf soal Anti Semit

 Irving sempat dihampiri kelompok 'Fight Anti Semitism'

Jakarta, IDN Times - Opera sabun Kyrie Irving masih terus berlanjut. Brooklyn Nets, klub yang dibela Irving sekarang, akhirnya mengambil sikap tegas. Seiring dengan sikap tegas yang ditunjukkan klub asal New York ini, drama baru tercipta.

Nets akhirnya memberikan hukuman berat kepada Irving, terkait sikapnya yang membela gerakan anti-semit. Dalam pernyataan resminya, Nets menghukum Irving dengan larangan tampil dalam lima pertandingan tanpa denda.

"Kami memutuskan bahwa Kyrie (Irving) akan kami hukum dengan larangan main di lima pertandingan tanpa denda. Hukuman ini akan berlangsung sampai dia meminta maaf atas perilakunya," demikian pernyataan resmi Nets, dilansir Marca.

Tindakan tegas Nets ini rupanya membuat Irving luluh. Tidak lama setelah hukuman ini keluar, Irving pun langsung mengelurkan permintaan maaf dalam akun media sosial pribadinya.

Baca Juga: Saat Kelompok Anti Semit Hampiri Kyrie Irving di Laga NBA

1. Irving meminta maaf atas reaksi emosionalnya

Dihukum Nets, Kyrie Irving Minta Maaf soal Anti Semitwww.usatoday.com

Dalam permintaan maaf resminya, Irving mengakui bahwa dia sudah melakukan tindakan yang salah dengan membela gerakan anti-semit. Apalagi, dia juga sempat bereaksi secara berlebihan atas label anti-semit yang diucapkan orang-orang padanya.

"Untuk semua keluarga dan komunitas Yahudi yang terluka oleh ucapan saya, saya minta maaf kepada kalian semua. Saya ingin mengklarifikasi, bahwa semua tindakan saya ini adalah reaksi berlebihan saya karena saya dituduh anti-semit," ujar Irving.

"Saya ingin menjelaskan, bahwa saya sudah mengunggah dokumen anti-semit itu tanpa konteks dan penjelasan khusus. Bukan maksud saya untuk tidak menghormati sejarah kelam Yahudi, saya hanya ingin mendapatkan pengetahuan baru," tambahnya.

2. Irving sempat dihampiri kelompok 'Fight Anti Semitism'

Dihukum Nets, Kyrie Irving Minta Maaf soal Anti SemitKyrie Irving (nba.com)

Pada Selasa (1/11/2022), Irving sempat dihampiri kelompok yang melabeli diri mereka musuh anti-semit. Mereka datang ke markas Nets, saat Irving dan kolega tengah menghadapi Indiana Pacers di ajang NBA 2022/23.

Kelompok ini datang, duduk di dekat area lapangan, dan mengenakan baju 'Fight Anti-Semitism'. Irving sempat merespons kedatangan mereka dengan mengacungkan jari tengahnya ke arah kelompok tersebut.

3. Potensi hukuman tambahan dari NBA

Dihukum Nets, Kyrie Irving Minta Maaf soal Anti SemitKyrie Irving berusaha melewati pertahanan Boston Celtics (nba.com)

Hukuman larangan main di NBA yang diberikan Nets ini adalah sebuah pernyataan tegas. Sesuai dengan sikap yang sempat ditunjukkan Joe Tsai, pemilik klub, mereka tak senang dengan pernyataan Irving ini sehingga tak segan memberikan sanksi berat.

Nah, sekarang tinggal menanti sikap dari NBA. Mereka belum memberikan hukuman tegas bagi Irving terkait sikapnya ini, berbeda dengan Nets. Namun, potensi hukuman tambahan dari NBA tetap ada, karena jika tidak, mereka akan dikritik publik.

Baca Juga: Kyrie Irving Bertahan di Brooklyn Nets

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya