Fase 2 IBL 2021 Tetap Tanpa Penonton

IBL 2021 sudah memasuki babak play-off

Jakarta, IDN Times - Direktur Indonesia Basketball League (IBL), Junas Miradiarsyah, menegaskan fase 2 IBL 2021, yang terdiri dari babak play-off, semifinal, dan final, masih akan berjalan tanpa kehadiran penonton. Memang, skema tanpa penonton jadi acuan IBL kala mengajukan permohonan izin ke pemerintah selama pandemik COVID-19.

Kala berdiskusi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, Junas menyodorkan skema tanpa penonton di sepanjang musim IBL 2021. Tujuannya, demi mendapat restu pemerintah karena skema tersebut yang paling aman.

"Kami menyiapkan segalanya masih tanpa penonton. Karena perizinan yang sudah kami proses, semuanya kondisi tanpa penonton. Terus, kalau sekarang kami membuka itu (ada penonton) tanpa kejelasan dari pemerintah, khawatir tidak bisa berjalan," ujar Junas dalam jumpa pers virtual, Senin (10/5/2021).

Baca Juga: Melihat Inovasi IBL Gelar Kompetisi di Tengah Pandemik

1. IBL siapkan beberapa skenario, antisipasi lonjakan kasus COVID-19

Fase 2 IBL 2021 Tetap Tanpa PenontonIBL 2021. (Dok. IBL)

Lebih lanjut, Junas mengungkapkan sudah menyiapkan beberapa skenario, jika nantinya ada lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia. Namun, dia berharap skenario yang sudah disiapkan saat ini tetap berjalan sebagaimana mestinya, tanpa harus ada perubahan lagi.

"Kami siapkan rencana cadangan, jadi apakah memungkinkan kembali ke Robinson, opsi itu terbuka, jadi alternatifnya pindah ke lokasi yang lebih kondusif. Karena, kalau pindah tanggal cukup berat memang," ujar Junas.

"Opsi berikutnya, kami siapkan skenario lain, tetapi itu masih perlu pendalaman, yaitu pemadatan jadwal. Jika fokusnya itu situasi COVID-19 naik, maka jadwalnya dipadatkan," lanjutnya.

2. Penajaman simulasi protokol kesehatan

Fase 2 IBL 2021 Tetap Tanpa PenontonVenue IBL 2021. (Dok. IBL)

Untuk simulasi protokol kesehatan, Junas menyebut pihak IBL akan mengadakan penajaman simulasi. Fokus akan diarahkan kepada titik-titik, di mana ada potensi pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh beberapa pihak, seperti pemain atau ofisial tim.

"Jadi kalau untuk simulasi, dua pekan yang lalu, kami sudah melakukan penajaman simulasi. Karena simulasi secara umum sudah dilakukan berkali-kali, tinggal bagaimana mencari potensi pelanggaran di mana, itu yang kami fokuskan," ujarnya.

3. IBL 2021 memasuki babak play-off

Fase 2 IBL 2021 Tetap Tanpa PenontonIBL 2021. (Dok. IBL)

Setelah merampungkan sesi reguler, IBL kini bergerak memasuki babak play-off. Ada Prawira Bandung, West Bandits Solo, Louvre Dewa United, dan Bima Perkasa, yang akan bertanding di play-off, yang rencananya dihelat 23-25 Mei 2021 mendatang.

Setelah itu, pemenang dari babak play-off akan berhadapan dengan Satria Muda dan Pelita Jaya di semifinal pada 27-29 Mei, kemudian pemenang dari babak semifinal ini akan berhadapan di final yang akan dihelat pada 3-6 Juni 2021.

Baca Juga: Skema Bubble Macam IBL Diterapkan di Olimpiade Tokyo 2020

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya