Fenomena Honda yang Marquez Sentris di MotoGP 2023

Motor Honda dirasa tak cocok buat tandem Marquez

Jakarta, IDN Times - Eks pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo, melempar kritikan kepada pabrikan asal Jepang, Honda. Dia menyatakan motor racikan Honda buat pada akhirnya hanya spesial untuk Marc Marquez seorang.

Lorenzo mengakui, Honda sejatinya adalah pabrikan yang bagus. Di masa lalu, mereka selalu jadi kandidat juara setiap musim, terlepas dari siapa pun pembalap yang menungganginya. Sekarang, kebiasaan itu sudah berubah.

Pria asal Spanyol itu menyebut, semua ini karena Marc Marquez. Memang, apa yang sudah dilakukan oleh Marquez kepada Honda?

1. Marquez memaksa Honda mengikuti standarnya

Fenomena Honda yang Marquez Sentris di MotoGP 2023Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez mempersiapkan diri turun ke lintasan saat hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022) (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Lorenzo mengakui, Marquez memang membuat Honda meraih banyak gelar. Total, ada enam gelar yang sukses disumbangkan pembalap asal Cervera itu bagi Honda. Namun, hal ini ternyata menimbulkan efek samping tersendiri.

"Marquez memang memberikan banyak gelar buat Honda. Dia begitu spesial, dengan talentanya yang luar biasa. Namun, gara-gara itu, mereka jadi mengikuti Marquez. Motor yang mereka buat jadi khusus untuk Marquez," ujar Lorenzo, dilansir Crash.

Baca Juga: Honda Disebut Masih Krisis, Marquez Diramal Bakal Absen Lama

2. Honda kelimpungan saat Marquez absen

Fenomena Honda yang Marquez Sentris di MotoGP 2023twitter.com/marcmarquez93

Menilik fenomena ini, Lorenzo tak heran jika akhirnya Honda kelimpungan saat Marquez absen. Sebab, pembalap-pembalap lain kesulitan mengikuti standar Marquez yang sudah tertancap di dalam motor Honda.

"Tidak heran, pembalap-pembalap lain kesulitan mendapatkan hasil baik bersama Honda. Sekitar 10 sampai 15 tahun lalu, motor Honda itu standar untuk semua pembalap. Sekarang, motor itu spesial untuk Marquez," ujar Lorenzo.

3. Diprotes oleh Alex Rins

Fenomena Honda yang Marquez Sentris di MotoGP 2023Alex Rins dan Lucio Cecchinello (twitter.com/lcr_team)

Kejadian Marquez-sentris di Honda ini pun mendapatkan sorotan dari pembalap lainnya, Alex Rins. Dia menyatakan jika Honda ingin berkembang, Honda tidak boleh fokus pada Marquez semata.

"Saya tidak ingin bilang mereka bekerja untuk Marc Marquez. Tapi, saya rasa mereka juga harus mendengarkan masukan dari yang lain, tidak cuma dari satu pembalap saja," ujar Rins.

Baca Juga: Alex Marquez Keluhkan Ban Belakang saat Balapan MotoGP Spanyol

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya