Comscore Tracker

Final NBA Tanpa LeBron James dan Stephen Curry, Bakal Terasa Hambar? 

Untuk pertama kali sejak 2011

Jakarta, IDN Times - NBA 2020/21 memang benar-benar penuh dengan drama. Namun, dari sekian banyak drama yang ada, drama terhentinya LeBron James dan Stephen Curry lebih cepat jadi sesuatu yang menarik perhatian.

Langkah James bersama Los Angeles Lakers terhenti di babak play-off. Dalam laga melawan Phoenix Suns yang berlangsung Jumat (4/6/2021), Lakers kalah dengan skor 100-113. Dengan begini, Lakers dipastikan gagal ke semifinal setelah dari enam laga, mereka kalah 2-4 oleh Suns.

Devin Booker jadi pahlawan Suns di laga itu dengan torehan 47 poinnya. Tidak cuma membawa Suns menang, total 47 poin Booker ini membuat perjalanan Lakers musim ini berakhir lebih cepat.

1. Catatan buruk bagi LeBron James terulang

Final NBA Tanpa LeBron James dan Stephen Curry, Bakal Terasa Hambar? insidesport.co

Pada musim 2018/19, James juga gagal masuk final NBA, bahkan terhenti di babak play-off. Itu jadi yang pertama kali sepanjang karier, James gagal masuk ke babak final NBA, setelah sejak 2011, ia selalu berhasil mengecap babak final.

Alasan James gagal masuk play-off di musim tersebut sangat mirip dengan apa yang terjadi musim ini. Selain banyak absen karena cedera, James juga ketika itu tidak ditopang oleh pemain-pemain mumpuni. Alhasilm Lakers kesulitan bersaing dengan tim-tim lain.

Musim ini, hal yang sama kembali menimpa Lakers. Seiring cederanya Anthony Davis, Lakers hanya mengandalkan sosok James seorang. Alhasil, meski mampu menembus babak play-off, Lakers gagal melaju ke semifinal Western Conference.

Baca Juga: 5 Pemain NBA Ini Tampil Heroik meskipun Sedang Cedera, Inspiratif!

2. Stephen Curry mengalami hal yang tidak jauh berbeda

Final NBA Tanpa LeBron James dan Stephen Curry, Bakal Terasa Hambar? Pebasket Golden State Warriors Stephen Curry (kedua kanan) dilanggar pebasket Los Angeles Clippers guard Luke Kennard (5) dalam laga lanjutan NBA, di Chase Center, San Francisco, California, Amerika Serikat, Jumat (8/1/2021). Golden State Warriors berhasil menggalahkan Angeles Clippers 115 - 105 (ANTARA FOTO/Reuters-Kelley L Cox-USA TODAY Sports)

Setali tiga uang, Stephen Curry juga mengalami hal yang tidak jauh berbeda bersama Golden State Warriors. Ia tampak menarik tim seorang diri dengan kemampuannya. Kendati banyak memecahkan rekor musim ini, Curry tidak mampu membawa Warriors melangkah jauh.

Warriors sendiri terhenti di babak play-in musim ini, sehingga mereka gagal melaju ke babak play-off. Uniknya lagi, salah satu tim yang menumbangkan Warriors di babak play-in adalah Lakers, bersama dengan sosok James di dalamnya.

3. Untuk pertama kali sejak 2011, tidak ada nama James dan Curry di final

Final NBA Tanpa LeBron James dan Stephen Curry, Bakal Terasa Hambar? Pebasket Golden State Warriors Stephen Curry (30) melempar bola melewati hadangan pebaket Minnesota Timberwolves Malik Beasley (5) pada kuarter pertama laga NBA di Chase Center, San Francisco, California, AS (25/1/2021). ANTARA FOTO/Kyle Terada-USA TODAY Sports

Sejak 2011 silam, nama James dan Curry kerap menghiasi babak final NBA. Dalam rentang waktu 2011 hingga 2014, James selalu masuk final bersama dengan Miami Heat. Tradisi ini ia lanjutkan kala membela Cleveland Cavaliers mulai 2015 hingga 2018.

Sempat terhenti pada 2019, James kembali mencicipi laga final NBA pada 2020 bersama Lakers. Sedangkan Curry, ia mulai merasakan final NBA pada 2015 hingga 2019 bersama Golden State Warriors.

Uniknya lagi, sejak 2015 sampai 2018, LeBron James dan Stephen Curry selalu bertemu di final. Alhasil, ketiadaan dua nama mereka di final NBA 2020/21 ini akan jadi sesuatu yang baru, menandakan bahwa generasi muda sudah mulai berbicara.

Baca Juga: Fans NBA Makin Ganas, Kini Ganggu Wizard Vs Sixers

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya