Comscore Tracker

Formula 1: Max Verstappen Kemungkinan Merapat ke Mercedes

Verstappen adalah pengganti yang pas untuk Hamilton

Jakarta, IDN Times - Usia Lewis Hamilton sudah tidak muda lagi, yakni 36 tahun. Tak heran ketika merebak kabar Mercedes tengah mencari pengganti andai Hamilton memutuskan pensiun dari Formula 1. Salah satu nama yang masuk kandidat adalah Max Verstappen.

Kemungkinan ini diutarakan oleh Ketua Tim Red Bull Racing, Christian Horner. Ia percaya, Verstappen akan jadi salah satu kandidat terkuat pengganti Hamilton, jika di masa depan pebalap asal Inggris itu memutuskan untuk hengkang dari Mercedes.

"Saya yakin saat Lewis (Hamilton) memutuskan buat berhenti, Max (Verstappen) akan jadi kandidat kuat untuk menggantikannya. Namun, mereka juga punya George Russell, sosok yang juga bisa menjadi pengganti Lewis," ujar Horner, dilansir Crash.

1. Verstappen sudah perpanjang kontrak, tapi semua bisa terjadi

Formula 1: Max Verstappen Kemungkinan Merapat ke Mercedesformula1.com

Baca Juga: Jos Verstappen: Max Verstappen Butuh Lebih Banyak Berpikir

Horner mengakui Verstappen sudah memperpanjang kontrak dengan Red Bull hingga 2023 nanti. Namun, dalam klausul kontraknya, tertera syarat berupa performa tim yang mesti apik. Jadi, ada klausul yang menyatakan, ketika performa tim tidak memuaskan, Verstappen bisa saja pergi.

"Ya, memang ada pembahasan soal performa dalam kontrak Max. Namun, semua pebalap memang biasa melakukan itu, memasukkan elemen soal performa tim dalam kontrak mereka," ujar Horner.

2. Hamilton terikat kontrak dengan Mercedes hingga 2021

Formula 1: Max Verstappen Kemungkinan Merapat ke Mercedestwitter.com/LewisHamilton

Hamilton pun saat ini masih terikat kontrak bersama Mercedes hingga 2021. Juara Formula 1 tujuh kali itu baru saja mengakhiri 2020 dengan gemilang. Selain gelar juara Formula 1, ia juga mendapatkan gelar Sports Personality of the Year dari BBC.

Namun, dengan usianya yang hampir menginjak kepala empat, tetap ada peluang baginya untuk pensiun di masa depan. Apalagi, jika memang sudah lelah dan merasa cukup dengan dunia Formula 1 yang lama ia jalani.

3. Verstappen memang pebalap potensial

Formula 1: Max Verstappen Kemungkinan Merapat ke Mercedestwitter.com/F1

Perlu diakui, Verstappen memang pebalap yang potensial. Pada musim 2020 saja, ia mampu bersaing dengan duo Mercedes, Hamilton dan Valtteri Bottas. Ia mengakhiri musim 2020 di peringkat ketiga, dengan total poin 214.

Dalam seri penghujung Formula 1 2020 yang digelar di Abu Dhabi, Max Verstappen bahkan mampu mengangkangi Hamiton dan Bottas. Itu jadi salah satu bukti sah, pebalap asal Belanda ini memang punya potensi besar.

Baca Juga: 5 Pembalap F1 dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak, Hamilton Terdepan!

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya