Fredy Setiawan Lolos ke Semifinal Paralimpiade Tokyo 2020

Fredy berpotensi keluar sebagai juara grup

Jakarta, IDN Times - Hasil bervariasi diraih oleh para pebulu tangkis Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020. Fredy Setiawan berhasil menang dan lolos ke semifinal, sedangkan hasil berbeda diraih oleh Hary Susanto dan Ukun Rukaendi.

Pada penyisihan tunggal putra SL4 Grup B, Fredy Setiawan menutup laga terakhir grup dengan kemenangan. Di Yoyogi National Stadium, Fredy menang atas atlet asal Thailand, Siripong Teamarrom dua gim langsung, 21-17, 21-11. Dengan hasil itu, Fredy memastikan diri lolos ke semifinal.

"Puji Tuhan, saya bisa memenangkan pertandingan hari ini. Lawan bermain bagus sehingga mampu memberi perlawanan sehingga sempat mengejar poin saya," jelas Fredy selepas pertandingan.

1. Fredy harus beradaptasi dengan lapangan

Fredy Setiawan Lolos ke Semifinal Paralimpiade Tokyo 2020Atlet para bulu tangkis Indonesia di Paralimpiade Tokyo, Fredy Setiawan. (dok. NPC Indonesia)

Meski meraih kemenangan, Fredy mengaku permainan hari ini berbeda dengan laga-laga sebelumnya. Alasannya, karena harus pandai beradaptasi dengan kondisi lapangan.

"Suasana lapangan hari ini sedikit berbeda dengan kemarin, karena anginnya cukup kencang jadi saya harus jeli mangatur permainan," ujar Fredy.

Baca Juga: Hary/Ratri Beradaptasi dengan Lapangan di Paralimpiade Tokyo

2. Hasil berbeda didapat Hary Susanto dan Ukun Rukaendi

Fredy Setiawan Lolos ke Semifinal Paralimpiade Tokyo 2020Pasangan ganda campuran para badminton Indonesia, Hary Susanto/Leani Ratri Oktila (Instagram.com/oktila_lr)

Keberhasilan Fredy melaju ke semifinal bertolak belakang dengan pencapaian dua atlet lainnya, yaitu Hary Susanto dan Ukun Rukaendi. Turun di penyisihan SL4 Grup A, Hary dikalahkan pemain India, Yathiraj Suhas, dua gim langsung 6-21, 12-21.

"Lawan cukup bagus hari ini ditambah kondisi lapangan juga berat karena angin cukup kencang jadi butuh adaptasi matang dan lebih lama lagi," kata Hary.

Kekalahan ini menghentikan langkah Hary. Hary kini mengalihkan fokus untuk meraih medali di ganda campuran, berpasangan dengan Leani Ratri Oktila di SL3-SU5. Hary/Ratri telah memastikan diri lolos ke semifinal.

Kekalahan juga menimpa Ukun Rukaendi di kategori SL3 tunggal putra. Ukun takluk di tangan pemain Inggris Raya, Daniel Bethell, dengan dua gim langsung 12-21, 8-21. Hasil ini menyingkirkan Ukun dari Paralimpiade Tokyo 2020.

3. Fredy berpotensi lolos sebagai juara grup

Fredy Setiawan Lolos ke Semifinal Paralimpiade Tokyo 2020Leani Ratri di Paralimpiade Tokyo 2020. (Dok. NPC Indonesia)

Meski sudah memastikan diri lolos ke semifinal, Fredy masih berpeluang untuk keluar sebagai juara grup. Penentuan Fredy keluar sebagai juara Grup B akan dipastikan dalam pertandingan terakhir melawan atlet asal India, Tarun.

Jika mampu mengalahkan pemain India tersebut, maka Fredy dipastikan menghuni juara Grup B dan lolos ke semifinal. Dengan status sebagai juara grup, hal itu akan membantu langkah Fredy selanjutnya di Paralimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga: Drama Paralimpiade Tokyo: Raih Emas Selisih 0,01 Detik

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya