Free Throw Jadi Pembeda di Gim Pertama Final NBA 2021

Berkat free throw, Suns ungguli Bucks

Jakarta, IDN Times - Dalam laga seketat final NBA 2021, faktor-faktor kecil macam free throw saja bisa menentukan hasil akhir sebuah laga. Hal itu yang terjadi dalam gim pertama final NBA yang mempertemukan Phoenix Suns dan Milwaukee Bucks.

Statistik dari ESPN FC mencatat Suns lebih banyak mendapatkan free throw di laga tersebut dibandingkan Bucks. Secara total, Suns mendapatkan 26 free throw di laga itu.

Catatan ini mampu membawa Suns menang atas Bucks di gim pertama final dengan skor 118-105. Hal ini pun jadi perhatian tersendiri bagi pelatih Bucks, Mike Budenholzer, di gim kedua nanti.

1. Budenholzer sebut pertahanan Bucks banyak celah

Free Throw Jadi Pembeda di Gim Pertama Final NBA 2021Pebasket Atlanta Hawks Bogdan Bogdanovic (13) berupaya memasukkan bola ke ring lawan yang di jaga pebasket Milwaukee Bucks P.J. Tucker (17) dan Giannis Antetokounmpo (34) dalam laga pertama Final Playoff NBA Wilayah Timur, di Fiserv Forum, Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat, Rabu (23/6/2021). Hawks sementara memimpin setelah atasi Bucks 118 - 113. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-Michael McLoone-USA TODAY Sports.

Budenholzer mengungkapkan banyaknya free throw yang didapatkan oleh Suns ini merupakan cermin dari buruknya pertahanan Bucks di gim pertama. Mereka banyak melakukan pelanggaran di area inside yang membuat Suns mendapatkan banyak free throw.

"Free throw ini merupakan bagian penting dalam sebuah pertandingan. Di gim pertama kemarin, Suns mendapatkan 25 poin dari free throw, dan itu menunjukkan bahwa pertahanan kami buruk. Menjengkelkan memang, tetapi ini bagian dari pertandingan," ujar Budenholzer, dilansir ESPN FC.

Baca Juga: Final NBA 2021: Suns Ungguli Bucks di Gim Pertama

2. Budenholzer janji akan perbaiki pertahanan Bucks

Free Throw Jadi Pembeda di Gim Pertama Final NBA 2021Pebasket Atlanta Hawks Trae Young (kiri) membawa bola dan berupaya melewati penjagaan pebasket Milwaukee Bucks Jrue Holiday (kanan) dalam laga pertama Final Playoff NBA Wilayah Timur, di Fiserv Forum, Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat, Rabu (23/6/2021). Hawks sementara memimpin setelah atasi Bucks 118 - 113. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-Michael McLoone-USA TODAY Sports.

Di gim kedua nanti, Budenholzer pun berjanji akan memperbaiki pertahanan Bucks. Karena, pada dasarnya Bucks adalah tim yang kuat dalam bertahan. Apalagi mereka punya banyak pemain yang juga jago memenangi rebound.

"Kami harus lebih baik lagi secara defensif. Di gim kedua nanti, kami tidak boleh membiarkan Suns mendapatkan banyak free throw lagi. Kami akan membuat pertahanan jadi lebih agresif, sehingga nanti akan jadi dorongan yang baik untuk serangan kami," tegas Budenholzer.

3. Janji pemain Bucks di gim kedua

Free Throw Jadi Pembeda di Gim Pertama Final NBA 2021Pebasket Milwaukee Bucks Khris Middleton (kanan) berupaya melewati penjagaan pebasket Atlanta Hawks Kevin Huerter (3) dalam laga pertama Final Playoff NBA Wilayah Timur, di Fiserv Forum, Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat, Rabu (23/6/2021). Hawks sementara memimpin setelah atasi Bucks 118 - 113. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-Michael McLoone-USA TODAY Sports.

Khris Middleton mengakui, gim pertama kemarin benar-benar berat bagi mereka. Selain dicecar di pertahanan, mereka juga dibuat kesusahan oleh pertahanan Suns yang apik. Sulit sekali bagi mereka untuk berkreasi di area inside.

"Di gim kedua nanti, saya harus lebih agresif lagi. Saya tidak boleh terlalu mengandalkan free throw, laiknya Suns yang selalu dapat free throw. Saya harus lebih baik lagi dan lebih kuat lagi," ujar pemain Bucks tersebut.

Baca Juga: Duel Suns Vs Bucks di Final NBA 2021 Bertabur Bintang

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya