Gaya Balap Aneh Aleix Espargaro Justru Cocok dengan Aprilia

Espargaro jadi buah bibir saat ini

Jakarta, IDN Times - Aleix Espargaro tengah jadi buah bibir saat ini. Performa apiknya bersama Aprilia membuatnya jadi salah satu kandidat juara MotoGP 2022. Tidak cuma itu, performanya juga menarik perhatian dari pembalap senior, Andrea Dovizioso.

Dovizioso melihat, Espargaro memiliki cara berkendara yang unik. Alih-alih memaksimalkan performa dari roda depan, dia justru banyak bergerak menggunakan bagian belakang. Metode tersebut membuatnya mampu bersaing musim ini.

"Aleix (Espargaro) adalah pembalap yang impresif. Dia mampu mengontrol motornya dengan cara berkendara yang unik. Dia selalu memaksimalkan roda belakangnya saat berkendara. Itu unik sekaligus aneh," ujar Dovizioso, dilansir Speedweek.

1. Espargaro juga lihai dalam menikung

Gaya Balap Aneh Aleix Espargaro Justru Cocok dengan Apriliapotret Aleix Espargaro dari tim Aprilia mendahului Pol Espargaro dari tim Repsol Honda. (motogp.com)

Selain kerap menggunakan roda belakang, Dovizioso melihat Espargaro juga punya kemampuan menikung yang andal. Dia tidak takut kehilangan daya cengkeram ban, dan kerap melakukan manuver stop and go yang cepat dalam sebuah tikungan.

"Espargaro bukanlah pembalap yang kerap menikung di area dekat. Dia kadang mengendarai motor dengan cepat menuju tikungan. Lalu, menghentikan motornya begitu cepat dan menikung lebar. Cara ini aneh, tetapi berhasil," tutur Dovizioso.

Baca Juga: Biasa Bicara Blak-blakan, Aleix Espargaro Tak Takut Lakukan Kesalahan

2. Aprilia mengakomodir kemampuan Espargaro

Gaya Balap Aneh Aleix Espargaro Justru Cocok dengan ApriliaAprilia Factory Racing (motogp.com)

Dengan kemampuan membalap Espargaro yang unik, Aprilia bisa mengakomodirnya. Motor RS-GP Aprilia memiliki daya cengkeram yang bagus, dan mendukung gaya stop and go Espargaro. Kekuatan motor Aprilia juga menopang performa Espargaro.

"Sekarang, Espargaro menemukan motor yang tepat. Sentuhannya dengan motor juga sudah pas. Tak heran, dia bisa melakukan apa pun dengan motornya sekarang. Aprilia dan Espargaro sudah saling memahami apa yang harus dilakukan," ujar Dovizioso.

3. Espargaro dan Aprilia perpaduan tepat

Gaya Balap Aneh Aleix Espargaro Justru Cocok dengan ApriliaAleix Espargaro pada balapan GP Inggris (motogp.com)

Dovizioso melihat Espargaro dan Aprilia adalah perpaduan yang tepat. Tak heran, saat ini pembalap asal Spanyol itu mampu membawa dirinya dan Aprilia, menanjak ke papan atas MotoGP 2022.

"Aleix Espargaro mengendarai Aprilia seperti yang seharusnya saat ini. Karakter membalapnya cocok dengan motor yang dipakai. Mereka berdua jadi kejutan di MotoGP 2022," kata Dovizioso.

Baca Juga: Tekanan Calon Juara MotoGP Bikin Aleix Espargaro Lelah

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya