Comscore Tracker

Geger, Bapak Asal Bandung Kalahkan Master Catur Dunia GothamChess

Akun sang bapak di Chess.com diblokir

Jakarta, IDN Times - Kehebohan kembali melanda Indonesia. Seorang bapak berhasil mengalahkan salah satu gamer catur dunia dengan titel 'International Master' di sebuah platform game catur online bernama Chess.com.

Ceritanya begini, jadi di Chess.com, akun GothamChess bertarung dengan akun Dewa_Kipas dari Indonesia. GothamChess yang juga dikenal sebagai Levy Rozman ini merupakan akun dengan angka ELO (rating dalam dunia catur) sebesar 2.400. Dia juga punya 19.000 pengikut.

GothamChess ini kerap menyiarkan secara langsung pertandingan caturnya di YouTube dan Twitch. Nah, kebetulan dia bertemu dengan Dewa_Kipas, pecatur dari Indonesia. Singkat cerita, pertarungan mereka dimulai dan disiarkan secara langsung di Twitch dan YouTube.

Hal tidak terduga terjadi. Dewa_Kipas sukses mengalahkan GothamChess. Hasil ini memicu kehebohan. Bahkan, akun Dewa_Kipas ini sempat diblokir oleh Chess.com, disinyalir karena adanya laporan dari para pengikut GothamChess yang tidak terima.

Kemudian, anak dari pemilik akun Dewa_Kipas, Ali Akbar, turun tangan menyatakan kalau ayahnya sama sekali tak melakukan kecurangan.

Baca Juga: Ilmiah, 7 Filosofi Kehidupan yang Didapat dari Main Catur

1. Ali sebut akun Dewa_Kipas di Chess.com milik ayahnya

Geger, Bapak Asal Bandung Kalahkan Master Catur Dunia GothamChessANTARA FOTO/Maulana Surya

Dalam akun Facebook-nya, Ali Akbar mengklarifikasi tuduhan kecurangan yang sempat dialamatkan kepada akun Dewa_Kipas. Dia menyebut, akun tersebut adalah milik ayahnya, Dadang Subur. Dia membantu membuatkan akun di Chess.com ini untuk ayahnya.

Bukan tanpa alasan Ali melakukan ini. Dia mau agar ayahnya tetap bisa menyalurkan hobi bermain catur. Dari penjelasan Ali, ayahnya adalah mantan pemain catur di berbagai turnamen yang kini sudah pensiun.

"Ayah saya adalah pecatur veteran sejak beberapa dekade lalu. Dia menghadiri begitu banyak turnamen catur lokal sebagai pemain klub. Jika Anda tahu tentang PERCASI (Organisasi Catur Terbesar di Indonesia), ayah saya adalah bagian dari itu (mantan bendahara)," ujar Ali.

2. Ali sebut ayahnya tidak curang, tetapi memang kecanduan main

Geger, Bapak Asal Bandung Kalahkan Master Catur Dunia GothamChessANTARA FOTO/Maulana Surya

Para pengikut GothamChess menganggap Dewa_Kipas itu adalah bot, karena akurasinya bisa mencapai 90% lebih. Menanggapi itu, Ali menyebut bahwa ayahnya memang kecanduan main game catur online ini. Dia senang menghadapi bot bernama Al Shredder dengan ELO 2.600.

Uniknya lagi, sang ayah adalah tipe pecatur yang perfeksionis. Setiap kali melihat ada blunder di pertandingannya, terlepas menang atau kalah, dia akan main satu ronde lagi. Hasilnya, akurasi Dadang saat melawan GothamChess berada di atas 90%.

"Bapakku lebih serius saat melawan AI Shredder 2600 dibandingkan saat duel peringkat. Akurasi 90%++ itu pun dia sering kalah. Saat Bapakku lihat hasil pertandingan ada satu blunder saja, dia langsung marah, dan minta main seronde lagi (saking kecanduannya). Makanya akurasi dia bisa tinggi banget," tulis Ali.

3. Kecanduan yang berbuah ELO Dewa_Kipas tinggi di Chess.com

Geger, Bapak Asal Bandung Kalahkan Master Catur Dunia GothamChessvideoblocks.com

Ali menyebut karena sering main di mode peringkat dan bertemu dengan beberapa pecatur hebat lain dalam Chess.com, ELO yang dimilikinya juga cepat naik. Tentu, karena Dadang selalu menang. Sang ayah juga bermain nonstop.

"Peningkatan ELO yang drastis karena bermain nonstop itu normal. Sebab, bapak saya saat di klub juga punya banyak kenalan yang main catur nonstop berjam-jam di depan meja melawan banyak pemain," tulis Ali.

Namun sekarang, karena akunnya sudah diblokir, ada sisi positif yang coba diambil Dadang. Ali mengaku sang ayah seperti diingatkan supaya tidak kecanduan main catur online lewat pemblokiran ini.

"Sebenarnya bapak gw bersyukur karena akunnya diblokir, karena selama ini dia selalu bermain sampai lupa waktu. Kayak mengingatkan supaya berhenti main," ujar Ali.

4. Bagaimana respons GothamChess soal ini?

Geger, Bapak Asal Bandung Kalahkan Master Catur Dunia GothamChessPusatcatur.com

Merespons kehebohan yang terjadi ini, GothamChess melalui akun twitter resminya menyebut sudah menghubungi Ali dan akan melakukan pembicaraan lebih lanjut mengenai hal ini. Dia berjanji akan menemukan solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

"Saya sudah bicara dengan Ali Akbar, anak dari pemilik akun Dewa_Kipas. Kami sepakat untuk menemukan solusi terbaik buat semua. Kami akan berdiskusi lebih lanjut mengenai hal ini," ujar @GothamChess.

Baca Juga: Manfaat Bermain Catur untuk Kesehatan, Pekerja Swasta: Lebih Fokus

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya