Comscore Tracker

Gibran Siap Jadi Ketua Panitia ASEAN Para Games 2022

ASEAN Para Games 2022 akan dihelat di Solo

Jakarta, IDN Times - Solo menunjukkan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sudah menyatakan kesiapan menjadi ketua panitia penyelenggara atau Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) 2022. Gibran sudah berkunjung ke kantor National Paralympic Committee (NPC) Indonesia dan melakukan pertemuan dengan Ketua Umum NPCI, Senny Marbun.

Dia bangga karena Solo akhirnya ditetapkan sebagai tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Dia merasa tertantang sekaligus senang bisa dipercaya untuk menjadi Ketua INASPOC.

"Saya mendapatkan berita baik dari Ketua NPCI, di mana kami dipercaya menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Kepercayaan ini luar biasa sekali bagi kota Solo," ucap Gibran dalam keterangan resmi NPC Indonesia, Selasa (25/1/2022).

1. Gibran sebut Solo akan segera lakukan persiapan

Gibran Siap Jadi Ketua Panitia ASEAN Para Games 2022Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bertemu Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun. (dok. NPC Indonesia)

Gibran mengungkapkan, begitu menerima amanat jadi Ketua INASPOC, tidak akan tinggal diam. Beberapa persiapan akan dilakukan, termasuk memperbaiki venue-venue olahraga yang kurang baik di kota Solo.

"Nantinya dalam waktu enam bulan ke depan, kami akan koordinasikan venue-venue yang kurang baik untuk direnovasi. Solo sudah siap untuk menggelar event internasional dan ini sangat luar biasa," ujar Gibran.

Venue pertandingan kelak tidak hanya ada di Solo. Namun, ada juga yang tersebar di sejumlah kota di sekitar Solo. Beberapa daerah seperti Karanganyar dan Boyolali juga memiliki venue yang bisa dipakai untuk ASEAN Para Games 2022 nanti.

"Nantinya, venue tidak hanya di kota Solo saja, tetapi juga ada di Karanganyar dan Boyolali yang sudah siap. Kami juga akan berkoordinasi dengan kepala-kepala daerah Solo Raya demi kesuksesan ajang ini," tutur Gibran.

Baca Juga: Kalahkan Thailand dan Malaysia, Solo Tuan Rumah ASEAN Para-Games 2022

2. Solo resmi ditunjuk jadi tuan rumah menggantikan Vietnam

Gibran Siap Jadi Ketua Panitia ASEAN Para Games 2022(Atlet cabang olahraga anggar kursi roda National Paralympic Commitee (NPC) menjalani pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Solo, Jawa Tengah) ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Solo telah ditetapkan sebagai tuan rumah ASEAN Para Games 2022 menggantikan Vietnam. Hal ini tertuang dalam surat keputusan yang dikeluarkan oleh ASEAN Para Sports Federation (APSF) pada tanggal 14 Januari 2022.

Namun, APSF masih menunggu surat yang menyatakan Indonesia bebas sanksi doping dari WADA hingga tanggal 15 Februari 2022. Terlepas dari itu, Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun, bersyukur atas penunjukan Indonesia khususnya Solo sebagai tuan rumah APG 2022.

"Setelah ditiadakannya ASEAN Para Games Filipina 2019 dan Vietnam menolak menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022, Presiden Joko Widodo mengambil keputusan untuk menjadi tuan rumah. Ini luar biasa. Kami akan menyiapkan diri secara maksimal," ucap Senny.

3. Kesempatan kedua bagi Indonesia setelah 2011

Gibran Siap Jadi Ketua Panitia ASEAN Para Games 2022Atlet para angkat berat pada Asian Paragames 2018 (npcindonesia.id/admin)

Menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 merupakan kesempatan kedua Indonesia. Sebelumnya, pada 2011, Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games. Apiknya lagi, ajang ini juga diadakan di kota Solo.

"Kami dipercaya menjadi tuan rumah APG 2022 karena pernah menjadi tuan rumah pada 2011. Serta, adanya kepercayaan dari negara-negara lain kepada kami menjadi tuan rumah," kata Senny.

Rencananya, ASEAN Para Games 2022 akan diadakan di Solo pada tanggal 20 hingga 31 Juli 2022. Selain mempersiapkan venue dengan baik, NPC Indonesia juga terus melakukan persiapan atlet dengan menggelar pemusatan latihan nasional (Pelatnas).

Baca Juga: Buka Piala AFF, Presiden FIFA: Momentum Sepak Bola ASEAN Mendunia

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya