Comscore Tracker

Greysia/Apriyani dan Tim Indonesia Terakhir Pulang Hari Ini

Di dalamnya ada Greysia/Apriyani

Jakarta, IDN Times - Kloter terakhir tim Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 pulang ke Tanah Air pada Selasa (3/8/2021). Kloter ini membawa empat atlet peraih medali Olimpiade Tokyo, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Anthony Sinisuka Ginting, dan Rahmat Erwin Abdullah. Diperkirakan, rombongan tiba di Indonesia pada Rabu (4/8/2021) malam di Indonesia.

Kepulangan kloter terakhir dipimpin langsung oleh Chef de Mission Indonesia di Olimpiade Tokyo, Rosan P Roeslani, didampingi anggota Komite Eksekutif NOC Indonesia, Indra Gamulya. Kepergian kloter ini dari bandara Narita, dilepas langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Kekaisaran Jepang dan Republik Mikronesia, Heri Akhmadi.

1. Dubes ucapkan terima kasih

Greysia/Apriyani dan Tim Indonesia Terakhir Pulang Hari IniTunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di Olmpiade Tokyo 2020 (NOC Indonesia)

Heri selaku duta besar mengucapkan terima kasih kepada semua kontingen Indonesia yang sudah berjuang dengan baik di Olimpiade Tokyo. Dia berharap, kerja keras para atlet ini dapat menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada atlet, pelatih, dan ofisial, yang telah berjuang sangat baik dalam keadaan sulit. Terima kasih sekali lagi, semoga kerja keras ini bisa menjadi amal ibadah bagi kita semua dan menjadi berkah buat masyarakat Indonesia," kata Heri.

Baca Juga: Posisi Greysia/Apriyani di Peringkat Dunia Usai Juara Olimpiade Tokyo 

2. Ketua KOI turut hadir dalam acara pelepasan

Greysia/Apriyani dan Tim Indonesia Terakhir Pulang Hari IniRaja Sapta Oktohari (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, yang hadir dalam acara pelepasan ini memberikan apresiasi kepada Duta Besar dan seluruh staf KBRI atas dukungan luar biasa yang telah diberikan. Mereka telah berjasa membantu para atlet selama di Jepang.

"Perjalanan kami di Olimpiade Tokyo tidak akan sukses jika tidak didukung oleh KBRI. Olimpiade kali ini sangat sulit karena berlangsung dalam situasi pandemik. Saya juga berterima kasih atas perjuangan dan pengertian para atlet," kata Okto.

3. Dubes kerap hadir di pertandingan Indonesia

Greysia/Apriyani dan Tim Indonesia Terakhir Pulang Hari IniAtlet angkat besi Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah di Olimpiade Tokyo 2020 (Dok. NOC Indonesia)

Senada dengan Okto, Rosan selaku CdM juga menyampaikan terima kasih karena Heri selalu berusaha hadir di seluruh pertandingan yang diikuti Indonesia. Bahkan, ada satu momen ketika Dubes sudah hadir lebih dulu di venue dibandingkan CdM.

"Insya Allah kami akan kembali ke Tanah Air dan akan saya pimpin langsung. Sungguh penuh tantangan dalam menjalankan Olimpiade ini. Tetapi, alhamdulillah kami bisa melaluinya berkat doa, kepatuhan, dan semangat untuk menjalaninya dengan baik," kata Rosan.

Dalam kesempatan ini, perwakilan Garuda Indonesia dan BNI Tokyo memberikan apresiasi kepada para peraih medali berupa tiket kelas bisnis jurusan Jakarta – Tokyo pulang pergi yang berlaku selama satu tahun.

Untuk kepulangan kloter ketiga terakhir kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 ini, ada sembilan atlet yang akan pulang. Rinciannya, dari bulu tangkis empat orang (termasuk Greysia/Apriyani dan Anthony Sinisuka Ginting), atletik dua orang, angkat besi dua orang (termasuk Rahmat Erwin Abdullah), dan menembak satu orang.

Baca Juga: Cerita Anthony Ginting Susah Tidur Jelang Perebutan Medali

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya