Hadiah Kemerdekaan dan Penasarannya Eko Yuli dengan Emas Olimpiade

Eko Yuli belum pernah meraih emas Olimpiade

Jakarta, IDN Times - Eko Yuli Irawan, tidak diragukan lagi, adalah atlet angkat besi yang berprestasi dari Indonesia. Namun, ada satu rasa penasaran Eko yang belum teratasi hingga kini, yaitu emas Olimpiade.

Jelang Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76, Eko mengaku merasa masih ada yang kurang. Di hari kemerdekaan ini, dia baru bisa mempersembahkan perak untuk Indonesia. Ke depan, dia ingin menyumbangkan emas untuk Indonesia dari Olimpiade.

"Olimpiade adalah tujuan akhir seorang atlet, begitu juga saya. Sejak awal, saya berkeinginan mendapat medali emas, bukan untuk saya secara pribadi, tetapi juga untuk negara karena Olimpiade selalu bertepatan dengan hari kemerdekaan," ujar Eko Yuli pada Senin (16/8/2021).

Baca Juga: Penasaran Raih Emas Olimpiade, Eko Yuli Belum Mau Pensiun

1. Eko Yuli berterima kasih kepada KOI

Hadiah Kemerdekaan dan Penasarannya Eko Yuli dengan Emas OlimpiadeEko Yuli Irawan, Atlet Angkat Besi Indonesia. (IDN Times/Herka Yanis P)

Sebelum berprestasi di Olimpiade Tokyo, Eko sempat dilanda kecemasan luar biasa. Keinginan Eko Yuli untuk ditangani pelatih Lukman sempat terganjal. Namun, semua persoalan itu bisa teratasi berkat kepiawaian Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, dalam melakukan lobi.

"Saya berharap ada solusi karena keinginan untuk dilatih coach Lukman sangat kuat. Dia telah melatih saya sejak Beijing hingga London. Ternyata semua bisa diatasi NOC Indonesia tanpa ada ganjalan lagi. Saya dengan coach Lukman bisa bekerja sama dengan coach Dirja Wiharja saat tampil di Olimpiade," kata Eko.

2. Eko masih penasaran dengan emas di Olimpiade

Hadiah Kemerdekaan dan Penasarannya Eko Yuli dengan Emas OlimpiadeEko Yuli Irawan, Atlet Angkat Besi Indonesia. (IDN Times/Herka Yanis P)

Eko mengaku masih penasaran untuk meraih medali emas Olimpiade. Tetapi, dia tak mau jemawa bisa mewujudkan ambisi tersebut di Paris 2024. Saat ini, Eko ingin mendapat kepercayaan untuk mengikuti kualifikasi Olimpiade Paris.

"Saya sudah bilang kepada Pak Rosan dan Pak Okto (sapaan karib Raja Sapta) agar bisa diberi kesempatan untuk ikut kualifikasi Olimpiade Paris. Mereka pada intinya mendukung saya. Sebab, semua perjuangan yang saya lakukan ini bukan cuma untuk menuntaskan rasa penasaran semata," ujar Eko.

3. Eko Yuli belum pernah meraih emas Olimpiade

Hadiah Kemerdekaan dan Penasarannya Eko Yuli dengan Emas OlimpiadeEko Yuli Irawan, Atlet Angkat Besi Indonesia. (IDN Times/Herka Yanis P)

Eko Yuli sejatinya memiliki prestasi yang ciamik di Olimpiade. Dia merupakan satu-satunya atlet di Indonesia yang empat kali tampil di Olimpiade dan selalu pulang membawa medali sejak partisipasi pertamanya di Beijing 2008.

Tak cuma itu, Eko Yuli menjadi lifter kedua di dunia yang merebut empat medali Olimpiade. Tercatat, Eko sukses meraih dua perak di Olimpiade 2020 Tokyo dan Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, serta dua perunggu di Olimpiade 2008 Beijing dan Olimpiade 2012 London.

"Saat ini, kita juga sama-sama tidak tahu masih bisa dipertandingkan di Olimpiade Paris. Saya pribadi ingin tetap tampil, tetapi kita lihat saja dulu ke depannya seperti apa," tutur Eko.

Baca Juga: Eko Yuli Irawan, Sang Legenda Olimpiade dari Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya