Comscore Tracker

Hendra/Ahsan Melaju ke Semifinal BWF World Tour Finals 2020

Hendra/Ahsan jadi wakil dari Grup B

Jakarta, IDN Times - Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan tampil ciamik dalam laga pamungkas Grup B BWF World Tour Finals 2020. Menghadapi wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik, mereka menang tiga set, 18-21, 21-17, 21-11.

Berkat hasil ini, Hendra/Ahsan berhak menemani Choi Solgyu/Seo Seung-jae sebagai wakil Grup B yang lolos ke babak semifinal. Mereka tinggal menunggu wakil dari Grup A selaku lawan di semifinal nanti.

1. Set pertama ketat, tapi Aaron/Chia mampu unggul

Hendra/Ahsan Melaju ke Semifinal BWF World Tour Finals 2020Ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik di BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Di awal-awal set pertama ini, Hendra/Ahsan dan Aaron/Chia sudah tampil saling menekan. Tidak ada yang mengendur, tempo permainan berjalan dengan cepat. Skor 6-6 bahkan sempat tercipta di awal set pertama ini.

Namun, setelah skor 6-6 itu, Hendra/Ahsan tampil lebih menggigit. Intersep dan smes tajam jadi senjata mereka membobol pertahanan Aaron/Chia. Alhasil, mereka sukses menutup interval set pertama dengan keunggulan 11-7. Selepas interval, tekanan masih dilakukan Hendra/Ahsan.

Namun, Aaron/Chia mulai bangkit. Mereka juga meningkatkan intensitas tekanan dan hal itu merepotkan Hendra/Ahsan. Perlahan, pasangan asal Malaysia itu mulai mengejar. Mereka bahkan mampu menyamakan kedudukan 14-14.

Di akhir-akhir masa set pertama, Hendra/Ahsan berusaha menjauh. Sialnya, mereka malah balik tertinggal dari Aaron/Chia. Banyaknya kesalahan pribadi yang mereka lakukan membuat pasangan asal Malaysia itu unggul. Aaron/Chia pun menutup set pertama dengan skor 21-18.

Baca Juga: Hendra/Ahsan Kunci Kemenangan Pertama di BWF World Tour Finals 2020

2. Set kedua, Hendra/Ahsan mulai mengejar

Hendra/Ahsan Melaju ke Semifinal BWF World Tour Finals 2020Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di hari pertama BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/Badminton Photo)

Di awal-awal set kedua, Hendra/Ahsan dan Aaron/Chia kembali saling kejar-mengejar angka. Hendra/Ahsan sebenarnya sempat menjauh dengan skor 8-5. Namun, lagi-lagi banyaknya kesalahan individu membuat Hendra/Ahsan selalu terkejar oleh Aaron/Chia.

Tercatat, skor 9-9 bahkan 10-10 jadi angka yang lumrah terlihat di papan skor. Namun, satu pukulan menyilang dari Ahsan pada akhirnya membawa pasangan asal Indonesia itu menutup interval set kedua dengan keunggulan 11-10. Selepas interval, kejar-kejaran angka ini masih terjadi.

Namun. Hendra/Ahsan pelan-pelan mulai meninggalkan Aaron/Chia. Kali ini, giliran pasangan asal Malaysia itu yang banyak bikin kesalahan. Hal itu memberikan keuntungan buat Hendra/Ahsan. Mereka pun sukses menutup set kedua dengan kemenangan 21-17.

3. Hendra/Ahsan dominan di set ketiga

Hendra/Ahsan Melaju ke Semifinal BWF World Tour Finals 2020IDN Times/PBSI

Adu tekanan sudah terjadi sejak awal set ketiga. Angka 2-2 dalam waktu yang lama sempat terpampang di papan skor. Hendra/Ahsan sempat menjauh dengan skor 8-5, tetapi Aaron/Chia kembali mengejar dengan skor 8-7. Dikejar lawan, Hendra/Ahsan tidak gentar.

Mereka tetap melancarkan pukulan-pukulan tak terduga yang membuat Aaron/Chia kesulitan. Hasilnya, mereka mampu menjaga keunggulan, dan akhirnya mereka menutup interval set ketiga ini dengan skor 11-8. Selepas interval, Hendra/Ahsan sanggup mempertahankan keunggulan.

Masih banyaknya kesalahan-kesalahan individu yang dilakukan oleh Aaron/Chia membuat keunggulan Hendra/Ahsan semakin jauh. Tidak hanya itu, semakin tajamnya pukulan-pukulan Hendra/Ahsan membuat Aaron/Chia kesulitan.

Akhirnya, berkat permainan konsisten di set ketiga ini, Hendra/Ahsan sukses menutup set ketiga dengan skor 21-11. Hendra/Ahsan memenangi laga dan berhak lolos ke semifinal BWF World Tour Finals 2020.

Baca Juga: Jadwal Tanding Wakil Indonesia di BWF World Tour Finals Hari Ini

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya