Hendra/Ahsan Tumbang di Laga Kedua BWF World Tour Finals 2020

Hendra/Ahsan kalah dari wakil Korea Selatan

Jakarta, IDN Times - Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan gagal meraih kemenangan dalam laga kedua Grup B BWF World Tour Finals 2020. Menghadapi wakil Korea Selatan, Choi Solgyu/Seo Seung-jae, di Impact Arena, Kamis (28/1/2021), mereka kalah dua set, 19-21, 16-21.

Meski kalah, kesempatan Hendra/Ahsan untuk lolos ke semifinal masih terbuka. Syaratnya, di laga terakhir Grup B, mereka harus berjuang untuk menundukkan pasangan asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

1. Set pertama yang penuh ketegangan

Hendra/Ahsan Tumbang di Laga Kedua BWF World Tour Finals 2020Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di hari pertama BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/Badminton Photo)

Di awal-awal set pertama, Hendra/Ahsan sedikit kesulitan mengimbangi permainan Choi/Seo. Tekanan ketat dari wakil Korea Selatan itu membuat Hendra/Ahsan sudah tertinggal 1-5 masa awal set pertama ini. Namun, Hendra/Ahsan tidak menyerah. Mereka berusaha untuk mengejar.

Hasilnya apik, Hendra/Ahsan menipiskan ketertinggalan menjadi 10-10. Mereka juga mulai sedikit demi sedikit menekan Choi/Seo. Namun, pada akhirnya, Choi/Seo mampu menutup interval set pertama dengan keunggulan 11-10.

Selepas interval, kejar-kejaran angka terjadi antara kedua pasangan. Namun, Hendra/Ahsan jadi yang lebih unggul di masa ini. Tekanan apik, ditopang kesalahan-kesalahan individu dari Choi/Seo, membuat Hendra/Ahsan mampu unggul 17-15.

Apiknya, Choi/Seo mampu mengejar ketertinggalan ini dan berbalik unggul. Malah, mereka menutup set pertama ini dengan keunggulan 21-19.

Baca Juga: Sukses Bekuk Wakil Rusia, Hendra/Ahsan Ternyata Tahan Sakitnya Cedera

2. Set kedua, pasangan asal Korea Selatan menekan lebih baik

Hendra/Ahsan Tumbang di Laga Kedua BWF World Tour Finals 2020Ganda putra Korea Selatan, Choi SolGyu/Seo Seung-jae di hari pertama BWF World Tour Finals 2020 (Dok.IDN Times/BadmintonPhoto)

Di awal-awal set kedua, sempat terjadi kejar-kejaran poin antara Hendra/Ahsan dan Choi/Seo. Skor 4-3 sempat terpampang di papan angka, menunjukkan keunggulan Hendra/Ahsan. Kejar-kejaran ini terus berlangsung hingga pertengahan set kedua.

Saling menekan jadi warna permainan yang terlihat antara kedua pasangan tersebut di set kedua ini. Namun, hingga interval set kedua usai, Hendra/Ahsan mampu menjaga keunggulan dengan skor 11-9. Selepas interval, kejar-kejaran angka tetap terjadi.

Skor 13-13, 15-15, hingga 16-16 adalah pemandangan lumrah yang tampak selepas interval set kedua. Tidak ada yang mau mengalah, keduanya sama-sama berupaya melepaskan tekanan untuk memenangi set kedua ini.

Namun, pada akhirnya Cho/Seo mampu menekan dengan lebih baik. Smes-smes mereka tajam dan hal itu menyulitkan Hendra/Ahsan. Mereka menang dengan skor 21-16, sekaligus memastikan diri memenangi laga ini. 

3. Kedua pasangan punya kesempatan lolos ke semifinal

Hendra/Ahsan Tumbang di Laga Kedua BWF World Tour Finals 2020IDN Times/PBSI

Baik itu Hendra/Ahsan dan Choi/Seo punya kesempatan yang sama untuk lolos ke semifinal. Khusus untuk Choi/Seo, di laga terakhir Grup B nanti, mereka kudu menang melawan wakil Rusia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov.

Sedangkan untuk Hendra/Ahsan, mereka harus berjuang untuk menundukkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Wakil Malaysia ini terbilang sulit ditaklukkan, apalagi mereka mampu mengalahkan Choi/Seo di laga pertama.

Baca Juga: Hendra/Ahsan Kunci Kemenangan Pertama di BWF World Tour Finals 2020

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya