Honda Bidik Pebalap Top untuk MotoGP 2023, Quartararo atau Joan Mir?

Joan Mir pas sebagai rekan Marquez

Jakarta, IDN Times - Ternyata, diam-diam Honda tengah mengincar pembalap untuk musim 2023 mendatang. Dari sekian nama yang ada, mereka dikabarkan mengincar pembalap asal Spanyol, Joan Mir.

Dilansir Crash, Honda disebut-sebut sangat ingin merekrut Mir. Apalagi, dalam gelaran MotoGP 2020 dan 2021, Mir juga tampil apik bersama Suzuki. Malah, dia sukses menyabet gelar juara pada musim 2020.

 

Baca Juga: Joan Mir Buka Kesempatan Dipinang Tim MotoGP Lain

1. Mir pertahankan performa apik di 2021

Honda Bidik Pebalap Top untuk MotoGP 2023, Quartararo atau Joan Mir?Joan Mir pada GP Spanyol (motogp.com)

Pada gelaran MotoGP 2021, Mir juga menampilkan performa apik. Terlepas dari pengembangan Suzuki GSX-RR yang tidak semasif motor-motor lain, dia masih bisa finis di posisi papan atas.

Mir berhasil finis di posisi ketiga dalam klasemen akhir pembalap MotoGP. Dia bahkan sempat mengancam Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo, meski akhirnya keteteran karena motor Suzuki yang tidak kelewat kencang.

Baca Juga: Ducati Siap Meledak Lagi di MotoGP 2022

2. Honda mincar pembalap yang punya mental pemenang

Honda Bidik Pebalap Top untuk MotoGP 2023, Quartararo atau Joan Mir?motogp.com

Jurnalis asal Italia, Carlo Pernat, mengungkapkan bahwa Honda memang tengah mencari pembalap dengan mental pemenang, untuk disandingkan dengan Marc Marquez. Ada dua nama yang mereka incar, yaitu Mir dan Fabio Quartararo.

"Ada dua nama yang Honda incar, yakni Fabio Quartararo dan Joan Mir. Kemungkinan, Mir-lah yang akan mendekat karena harganya lebih murah. Saya yakin, sejalan dengan musim 2022, Honda akan meresmikan nama Mir," ujar Pernat.

3. Marc Marquez butuh partner sepadan

Honda Bidik Pebalap Top untuk MotoGP 2023, Quartararo atau Joan Mir?Pembalap dari Repsol Honda Marc Marquez melakukan selebrasi setelah berhasil menjuarai MotoGP Jerman 2021, di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Jerman, Minggu (20/6/2021). Ini merupakan podium pertama bagi Marquez setelah kembali dari cedera patah tulang lengan kanan yang dialaminya pada musim lalu dan posisi kedua dan ketiga ditempati Miguel Oliveira (KTM) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). ANTARA FOTO/Reuters-Matthias Rietschel.

Marc Marquez sendiri memang membutuhkan partner apik untuk menemaninya di Honda. Pol Espargaro, rekan Marquez musim ini, urung memberikan performa apik.

Alhasil, Joan Mir diproyeksikan Honda sebagai partner Marquez. Hadirnya Mir akan memberi dua hal positif: Honda bakal jadi lebih kompetitif, dan kemampuan Marquez pun akan semakin terasah.

Baca Juga: Penglihatan Marc Marquez Berangsur Membaik

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya