Comscore Tracker

Hore! Fasilitas Penunjang Sirkuit Mandalika Siap Pertengahan 2021

Mandalika mantap menyambut MotoGP 2021

Jakarta, IDN Times - Pembangunan Sirkuit Mandalika terus dikebut pemerintah. Bahkan fasilitas penunjang untuk sirkuit dipastikan siap beroperasi pertengahan 2021. Fasilitas itu seperti perluasan terminal, pengembangan fasilitas kargo, dan perpanjangan runway di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid.

"Semua harus rampung. MotoGP Mandalika harus kita sukseskan bersama," kata Deputi I Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Febry C. Tetelepta, dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (10/12/2020).

1. Fasilitas lain juga siap beroperasi pada 2021

Hore! Fasilitas Penunjang Sirkuit Mandalika Siap Pertengahan 2021Sirkuit MotoGP Mandalika (IDN Times/Kevin Handoko)

Selain fasilitas penunjang, fasilitas lain seperti jalan bypass dari bandara hingga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sepanjang 17 kilometer ditargetkan selesai pada Agustus 2021.

Ada juga beberapa fasilitas lain yang sudah terbangun di Mandalika, seperti Jalan Kawasan Khusus (JKK), jalan ruas barat, Kuta Beach Park, Balawista, Bazaar Mandalika, dan sentra parkir yang akan jadi etalase UMKM NTB. Sedangkan untuk pembebasan lahan, akan selesai dalam waktu dekat.

"KSP terus bekerja dalam memastikan penyelesaian pembebasan lahan, serta memfasilitasi dengan stakeholder terkait untuk membantu proses percepatan penyelesaian tersebut," ujar Febry.

Baca Juga: Selain MotoGP, Sirkuit Mandalika Masuk Kalender World Superbike 2021

2. Menpora juga sempat tinjau kesiapan Mandalika

Hore! Fasilitas Penunjang Sirkuit Mandalika Siap Pertengahan 2021Menpora tinjau pembangunan Mandalika. (Website/kemenpora.go.id)

Pada November lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, juga sempat meninjau pembangunan Sirkuit Mandalika ini. Agar pembangunan berjalan baik, ia meminta semua pihak bersinergi.

"Kita adalah negara besar, saya punya keyakinan dengan kolaborasi di antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, kemudian ITDC serta kontraktor, semua bersinergi dengan baik," ujar Zainudin.

3. Dorna: Sirkuit Mandalika harus segera rampung

Hore! Fasilitas Penunjang Sirkuit Mandalika Siap Pertengahan 2021instagram.com/themandalikacircuit

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, menyebutkan bahwa status Mandalika di ajang MotoGP 2021 masih cadangan. Status Mandalika akan ditentukan oleh tiga hal, yaitu proses pembangunan trek, proses homologasi, serta proses pengujian.

Ezpeleta meminta pembangunan Sirkuit Mandalika segera dirampungkan. Apalagi, karena kalender MotoGP masih bersifat sementara, masih banyak hal bisa terjadi.

"Fokus dari Indonesia sekarang haruslah berada pada pembangunan Sirkuit Mandalika, lalu proses homologasi, dan pengujian, karena memang ini adalah sirkuit baru. Baru bisa bicara soal balapan," ujar Ezpeleta, dilansir dari situs resmi MotoGP.

Baca Juga: Mandalika Gelar MotoGP 2021? CEO Dorna Minta Indonesia Fokus 3 Hal Ini

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya