IBL 2021: Brandon Jawato dan Lester Prosper Masuk Indonesia Patriots

Ini adalah keikutsertaan mereka yang kedua di tim ini

Jakarta, IDN Times - Dua atlet basket naturalisasi Indonesia, Brandon Jawato dan Lester Prosper, akan turut meramaikan gelaran Liga Basket Indonesia (IBL) 2021. Mereka masuk tim Indonesia Patriots.

PP Perbasi sudah merilis nama-nama pemain yang akan masuk tim Indonesia Patriots di 2021. Tim ini berisikan pemain timnas elite muda. Jadi, mereka mengikuti IBL untuk meningkatkan jam terbang kompetisi sekaligus ajang pemusatan latihan (TC).

1. Program Indonesia Patriots ini dipimpin oleh Wahyu Gunarto

IBL 2021: Brandon Jawato dan Lester Prosper Masuk Indonesia PatriotsPebasket naturalisasi tim nasional Indonesia Lester Prosper (kiri) melakukan selebrasi bersama Brandon Jawato (ANTARA/HO-FIBA.)

Program Indonesia Patriots atau timnas elite muda ini dipimpin oleh sosok Wahyu Gunarto. Di bawahnya, ada manajer Andy "Batam" Poedjakusuma, plus pelatih kepala Youbel Sondakh.

Nantinya, sebelum IBL bergulir, 17 pemain ini akan mengadakan TC di Bandung mulai 16 Desember 2020-14 Januari 2021. Jawato dan Prosper akan turut serta dalam TC tersebut.

"Dalam surat pemanggilan ini terdapat nama Brandon Jawato dan Lester Prosper. Mereka akan berlatih dan bermain bersama para pemain timnas elite muda sebagai persiapan menghadapi "windows" ketiga Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021," ujar Andy dalam keterangan resminya, dilansir ANTARA.

"Beberapa nama yang oleh karena satu dan dua hal tidak tercantum di daftar pemain yang dipanggil dan masuk roster IBL 2021, seperti Derrick Michael, Andre Lensun, Fernando Manansang, dan Jason Winata, mereka tetap kami pantau untuk kelanjutan program timnas elite muda," lanjut dia.

Baca Juga: Abraham Damar Gabung Klub IBL Prawira Bandung

2. Jawato dan Prosper sudah membela Indonesia Patriots sejak 2020

IBL 2021: Brandon Jawato dan Lester Prosper Masuk Indonesia PatriotsLester Prosper (ANTARA JABAR/M Agung Rajasa)

Jawato dan Prosper sejatinya sudah bermain bersama Indonesia Patriots sejak IBL 2020. Catatan keduanya di ajang tersebut juga cukup apik. Per catatan resmi IBL, Jawato rata-rata mencetak 16,6 poin, 6,5 rebound, serta 1,7 assist per laga.

Sedangkan Prosper, ia mencetak rata-rata 18,2 poin, 13,3 rebound, dan 1,7 assist per laga. Menilik catatan keduanya, tak heran jika mereka diharapkan jadi tulang punggung Timnas Basket Indonesia dalam ajang Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

3. Seleksi Indonesia Patriots 2021 sudah berlangsung sejak November

IBL 2021: Brandon Jawato dan Lester Prosper Masuk Indonesia PatriotsBrandon Van Dom Jawato (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Perbasi sudah melakukan seleksi untuk Indonesia Patriots 2021 sejak November. Keikutsertaan tim Indonesia Patriots ini di ajang IBL 2021 merupakan salah satu langkah Perbasi dalam mempersiapkan pelapis timnas senior Indonesia menuju FIBA World Cuo 2023.

Sedangkan untuk para pemain yang musim lalu tergabung di Indonesia Patriots, mereka akan kembali bermain di klubnya masing-masing pada 2021 mendatang. Intinya, ini adalah upaya Perbasi mencari dan menyatukan talenta-talenta basket di Indonesia.

Berikut daftar pemain Indonesia Patriots untuk IBL 2021:

1. Brandon Jawato
2. Lester Prosper
3. Aldy Izaatur Rachman
4. Hendrick Xavi Yonga
5. Yesaya Alessandro Michael Joseph Saudale
6. Ali Bagir Wayarabi Alhadar
7. Yudha Saputera
8. M. Fhirdan Maulana Guntara
9. Sulthan Muhammad Fauzan
10. Mario Davidson
11. Andreas Marcellino Bonfilo
12. Ikram Fadhil
13. M. Naufal Alifio Rizq
14. Kelvin Sanjaya
15. Muhamad Arighi
16. Neo Putu J. Satria Pande
17. Armando Fredik Yegiwar

Baca Juga: Bagaimana Kelanjutan IBL di Tengah Virus Corona di Indonesia?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya