Comscore Tracker

IBL 2021 Akan Dihiasi Pemain Lokal Naturalisasi 

IBL izinkan klub pakai pemain lokal naturalisasi

Jakarta, IDN Times - Pihak Liga Basket Indonesia (IBL) mengizinkan penggunaan pemain lokal naturalisasi pada gelaran IBL 2021 mendatang. Namun, tetap ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pemain naturalisasi ini.

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah menyebut, penggunaan pemain lokal naturalisasi ini berlandaskan kepada kepentingan bersama. Apalagi, IBL musim depan rencananya tak akan menggunakan pemain asing.

“Kita kembali kepada dasar dan tujuan atas kesempatan yang diberikan mengenai penggunaan Pemain Lokal Naturalisasi yang berlandaskan kepentingan bersama, baik dari sisi klub maupun pemain," ujar Junas, dilansir situs resmi IBL.

"Maka, IBL dengan tetap tidak merubah peraturan pelaksanaan yang ada, tetap memberikan hak kesempatan untuk rekrut pemain lokal naturalisasi pada musim 2021,” lanjut dia.

1. Awalnya kebijakan pemain lokal naturalisasi ini akan diterapkan pada 2022

IBL 2021 Akan Dihiasi Pemain Lokal Naturalisasi 

Awalnya, IBL berencana untuk menerapkan kebijakan penggunaan pemain lokal naturalisasi ini pada 2022. Nantinya, mekanisme pemilihan pemain lokal naturalisasi ini tidak akan melalui proses draf laiknya perekrutan pemain asing.

"Peraturan tentang pemain lokal naturalisasi disetujui sebagai upaya untuk mengatur mekanisme yang lebih baik lagi, hanya klub-klub peserta IBL bersepakat untuk penggunaannya dimulai di musim 2022, salah satunya mengingat waktu persiapan yang cukup pendek dan sebagian besar klub telah mempersiapkan rosternya untuk musim 2021" ujar Junas.

Namun, akibat dari dinamika yang terjadi jelang musim 2021, IBL pun memutuskan bahwa penggunaan pemain lokal naturalisasi pun diizinkan. Soal mekanisme pendaftaran, IBL meminta klub-klub mematuhi peraturan yang ada.

“Mekanisme perekrutan pemain lokal naturalisasi sesuai dengan peraturan yang ada. dan bagi klub yang telah melakukan pengajuan permohonan kepada PP Perbasi,” tutur Junas.

“Bagi kandidat pemain lokal naturalisasi yang diajukan oleh lebih dari satu klub maka hak pilih akan diberikan kepada pemain yang dituju,” sambungnya.

2. Bagaimana peraturan mengenai pemain lokal naturalisasi ini?

IBL 2021 Akan Dihiasi Pemain Lokal Naturalisasi iblindonesia.com

IBL menciptakan peraturan tersendiri mengenai pemain lokal naturalisasi ini. Pemain yang masuk kategori pemain lokal naturalisasi ini adalah yang sudah memiliki dokumen warga negara dan memiliki paspor Republik Indonesia paling tidak 365 hari sejak tanggal pengesahan paspor.

Selain itu, para pemain ini juga sudah mendapat persetujuan dari PP Perbasi sebagai induk olahraga basket di Indonesia. Sejatinya, proses naturalisasi memang tidak dapat dilakukan secara bebas oleh pihak selain federasi.

3. IBL 2021 tanpa pemain asing

IBL 2021 Akan Dihiasi Pemain Lokal Naturalisasi 

Junas menerapkan beberapa peraturan baru pada IBL 2021 nanti. Peraturan ini disesuaikan dengan kondisi dan situasi, agar nantinya gelaran IBL dapat berjalan dengan minim risiko.

Salah satu aturan baru yang diterapkan adalah tim-tim IBL, yakni dilarang menggunakan pemain asing. Junas menyebut bahwa semua kontestan harus menggunakan pemain lokal. Hal ini sudah ia bicarakan ke semua tim.

"IBL kan biasanya menggunakan pemain asing, untuk 2021 ini kita tidak akan mendatangkan pemain asing, jadi full pemain lokal saja. Semua itu sudah kita diskusikan semuanya (dengan tim), sehingga untuk saat ini, untuk musim 2021 yang paling baik adalah menggunakan pemain lokal," ungkap Junas.

Topic:

Berita Terkini Lainnya