Imbas COVID-19 di AS, NBA Terapkan Aturan Anyar Soal Pelindung Wajah

Hal ini dilakukan NBA untuk mencega penyebaran COVID-19

Jakarta, IDN Times - NBA menerapkan aturan baru yang lebih tegas mengenai penggunaan pelindung wajah pemain dan staf tim. Aturan ini semata-mata untuk menekan penyebaran COVID-19 yang makin masif di antara atlet NBA.

Sejak NBA musim 2020/21 bergulir pada akhir Desember 2020 lalu, banyak pemain-pemain atau staf tim yang terpapar COVID-19. Jumlah kasus positif semakin bertambah saat memasuki masa libur Natal dan Tahun Baru.

Alhasil, NBA menerapkan aturan yang lebih ketat soal penggunaan pelindung wajah. Aturan tersebut tertuang dalam laporan yang ditulis oleh Associated Press, dinukil dari ESPN FC.

1. Pemain dan staf harus mengenakan pelindung wajah di bench

Imbas COVID-19 di AS, NBA Terapkan Aturan Anyar Soal Pelindung WajahCleveland Cavaliers. (Twitter.com/cavs)

Menurut aturan yang rencananya akan diberlakukan mulai Kamis, 7 Desember 2021, para pemain dan staf yang ada di bench nantinya mesti mengenakan pelindung wajah. Pelindung wajah ini boleh dilepas saat pemain memasuki lapangan.

Pemain selanjutnya harus melaporkan siapa pelatih pribadi, terapis, atau ahli-ahli lain yang bekerja bersama dengannya di luar fasilitas dari NBA jelang pertandingan. Hal ini untuk mempermudah pelacakan jika sang pemain positif COVID-19.

Pemain yang ditarik keluar dan kembali ke bench tidak diwajibkan, namun sangat dianjurkan memakai pelindung wajah dan masker juga. Ketika memasuki waktu istirahat (lepas kuarter kedua), pemain baru yang masuk ke bench harus menggunakan pelindung wajah juga.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Loyal di NBA, Setia dengan Satu Tim hingga Pensiun

2. Pelatih dan pemain yang menonton harus menggunakan masker dan pelindung wajah

Imbas COVID-19 di AS, NBA Terapkan Aturan Anyar Soal Pelindung WajahEssentially Sport

Aturan masker dan pelindung wajah juga berlaku bagi para pemain yang menonton, tetapi tidak ikut bermain, dan juga kepada para pelatih. Saat memberikan instruksi dari pinggir lapangan, pelatih harus mengenakan pelindung wajah dan masker.

Sedangkan untuk pemain yang hanya ikut menonton, mereka juga harus tetap mengenakan masker dan pelindung wajah saat menyaksikan laga. Aturan ini berlaku selama pertandingan berlangsung.

3. NBA juga mengubah aturan perjalanan tim

Imbas COVID-19 di AS, NBA Terapkan Aturan Anyar Soal Pelindung Wajahhitc.com

Berdasarkan aturan lama yang diterapkan NBA, saat menjalani laga tandang, sebuah tim maksimal membawa 45 orang. Hal ini sempat jadi pekerjaan rumah tersendiri bagi tim. Namun, akhirnya NBA mengubah aturan tersebut.

Kini, setiap tim yang menjalani laga tandang diizinkan membawa 46 orang. Satu orang tambahan itu nantinya akan diberi tugas khusus, yaitu menjadi pencatat. Ia akan mencatat ke mana saja aktivitas tim, sehingga jika ada anggota tim yang terkena COVID-19, NBA akan mudah melakukan pelacakan.

Baca Juga: NBA: LA Lakers Tetap Jadi Favorit Juara Musim Ini 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya