Comscore Tracker

Indonesia Coba Formula Baru Kirim Atlet ke SEA Games 2022

Indonesia tak akan sembarangan kirim atlet

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, mengungkapkan saat ini Indonesia akan mencoba sebuah formula baru untuk SEA Games 2022 mendatang. Dia menyebut, tim Merah-Putih tidak akan mengirim banyak kontingen untuk ajang tersebut.

"Untuk SEA Games 2022 nanti, kami akan coba formula baru. Kami melihat, tidak akan memperbanyak kontingen, tetapi hasil tidak terukur dengan pasti. Kami akan menghitung seberapa kemampuan bisa jadi juara di masing-masing cabor," tutur Zainudin saat ditemui di Gedung Kemenpora, Selasa (25/1/2022),

1. Indonesia akan kirimkan cabor yang berprestasi ke SEA Games

Indonesia Coba Formula Baru Kirim Atlet ke SEA Games 2022Atlet menembak putri Indonesia Vidya Rafika Toyyiba bertanding di Olimpiade Tokyo 2020. (ANTARA/Sigid Kurniawan/wsj).

Zainudin mengatakan, Indonesia akan mengirimkan cabang olahraga (cabor) yang punya potensi besar untuk berprestasi di SEA Games 2022 nanti. Hal tersebut masuk dalam tinjauan Kemenpora, seiring dengan perubahan sasaran utama olahraga Indonesia dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Misal seperti di SEA Games lalu, kami juara umum di cabor menembak, dapat tujuh medali, nah hal-hal seperti ini yang akan coba diformulasikan. Sehingga, cabor-cabor ini juga punya tanggung jawab untuk tidak sekadar mengirimkan atlet, tetapi bisa dapat prestasi," tutur Zainudin.

Baca Juga: Piala AFF Usai, SEA Games Langsung Menanti Timnas Indonesia

2. SEA Games hanya jadi target antara

Indonesia Coba Formula Baru Kirim Atlet ke SEA Games 2022instagram.com/rahmaterwin_

Hingga saat ini, koordinasi masih dilakukan dengan cabor-cabor, siapa saja yang akan berangkat ke SEA Games 2022 mendatang. Nantinya, ada perubahan besar dalam penentuan kontingen, mengingat SEA Games hanya jadi target antara saja.

"Ya, saat ini masih berkoordinasi dengan cabor-cabor. Usulan dari cabor ini harus ditinjau. Sebagaimana kita ketahui, SEA Games tidak lagi jadi sasaran utama, SEA Games dan Asian Games hanya jadi sasaran antara Indonesia. Target utama Indonesia adalah Olimpiade," tegas Zainudin.

3. KONI usul pelatnas SEA Games 2022 segera dimulai

Indonesia Coba Formula Baru Kirim Atlet ke SEA Games 2022Tim beregu putra bulu tangkis Indoesia meraih medali emas SEA Games 2019 (IDN Times/PBSI)

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, mengusulkan agar pelatnas SEA Games 2022 segera dimulai. Dia juga berharap Kemenpora segera melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan induk cabor yang akan mengirimkan atlet ke SEA Games kelak.

"Saya berharap pemerintah dalam hal ini Kemenpora segera menentukan cabor yang akan dikirimkan, berdasarkan usulan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia maupun Komite Olimpiade Indonesia yang menangani multievent internasional," ujar Marciano.

SEA Games 2022 sendiri akan berlangsung di Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei 2022 mendatang. Tidak hanya Hanoi, beberapa kota lain di Vietnam juga akan turut meramaikan gelaran SEA Games yang sempat tertunda karena pandemik COVID-19 ini.

Baca Juga: 40 Cabor Resmi di SEA Games 2021, Ada Pencak Silat

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya