Indonesia Sudah Petakan Kekuatan Lawan di FIBA Asia Cup

Indonesia punya kemampuan untuk bersaing

Jakarta, IDN Times - Dalam waktu dekat, Timnas Basket Indonesia akan mentas di dua ajang. Pertama, mereka bakal tampil di Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023. Selanjutnya, mereka bakal lanjut tampil di FIBA Asia Cup 2022.

Dalam dua ajang tersebut, ada dua lawan yang bakal dihadapi Indonesia sebanyak dua kali. Mereka adalah Arab Saudi dan Yordania. Bersua dua tim tersebut, pelatih Timnas Basket Indonesia, Rajko Toroman, rupanya sudah melakukan pemetaan kekuatan.

Seperti apa hasil pemetaan yang dilakukan oleh sosok yang karib disapa Coach Toro tersebut?

Baca Juga: Menpora: Timnas Basket Harus Lolos FIBA World Cup 2023

1. Arab Saudi baru saja melakukan perubahan

Indonesia Sudah Petakan Kekuatan Lawan di FIBA Asia CupTimnas Basket Indonesia dalam sebuah laga. (indonesiabasketball.or.id)

Untuk Arab Saudi, Coach Toro melihat mereka tengah melakukan perubahan. Terbaru, Arab Saudi melakukan pergantian pelatih dan salah satu pemain kunci mereka harus absen. Coach Toro optimistis Indonesia bisa menang kali ini.

"Sekarang kami punya Marques Bolden dan Derrick Michael, dan itu membuat kami lebih baik. Arab Saudi juga tidak terlalu kuat karena mereka kehilangan pemain terbaik mereka dan baru saja ganti pelatih," ujar Coach Toro di Istora, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga: Timnas Basket Indonesia Mulai Tatap FIBA Asia Cup 2022

2. Tinggi badan Yordania akan diantisipasi Indonesia

Indonesia Sudah Petakan Kekuatan Lawan di FIBA Asia CupTimnas Basket Indonesia dalam sebuah laga. (indonesiabasketball.or.id)

Sedangkan untuk Yordania, Coach Toro mengaku bahwa mereka adalah tim yang bagus. Beberapa pemainnya pun mentas di Euro League, belum lagi mereka juga punya pemain naturalisasi asal Amerika Serikat. Tinggi badan mereka pun lebih unggul.

Namun, Coach Toro sudah siap mengantisipasi itu. Apalagi, kehadiran Marques Bolden dan Derrick Michael, plus hadirnya Brandon Jawato, akan menyeimbangkan persaingan terutama saat offensive dan defensive rebound.

"Sekarang ada Marques dan Derrick, setidaknya masalah tinggi badan ini bisa terimbangi. Ada juga Brandon Jawato yang bisa menambah tinggi badan tim kami. Apalagi, mereka juga punya rebound yang bagus. Kami lebih kompetitif sekarang," ujar Coach Toro.

Baca Juga: Timnas Basket  Disambut Meriah saat Tiba di Indonesia

3. Timnas Basket Indonesia dalam kondisi yang bagus

Indonesia Sudah Petakan Kekuatan Lawan di FIBA Asia CupCoach Rajko Toroman dan Menpora di Istora Senayan. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Coach Toro berujar, Timnas Basket Indonesia saat ini tengah dalam kondisi yang bagus. Kemenangan di SEA Games 2021, plus hasil positif saat melakoni try out di Australia, membuat mereka optimistis meraih hasil apik di FIBA Asia Cup 2022.

"Hasil SEA Games 2021 dan juga try out di Australia mencerminkan bahwa kami bisa kompetitif lawan negara2 kuat. Tentunya, ditambah dukungan masyarakat, lolos ke Piala Dunia dan tampil apik di FIBA Asia Cup 2022 bukanlah mimpi," ujar Coach Toro.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya