Comscore Tracker

Izin Kompetisi IBL Segera Dibahas

IBL juga mengalami penundaan

Jakarta, IDN Times - Setelah menggelar rapat dengan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) perihal penyelenggaraan kompetisi sepak bola di masa pandemik, kini, giliran Perbasi dan Indonesian Basketball League yang akan melakukan hal serupa.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali, mengungkapkan, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi dengan Perbasi dan IBL pada Kamis (25/2/2021). Nantinya, isi dari rapat ini akan sama dengan rapat koordinasi dengan PSSI dan PT LIB.

"Kamis (25/2/2021), kami akan melakukan rapat koordinasi lagi untuk izin olahraga basket bersama Perbasi dan IBL. Perlakuannya sama, cuma sekarang peserta rakornya berganti jadi Perbasi dan IBL," ujar Zainudin Amali dalam jumpa pers virtual, Rabu (24/2/2021).

Baca Juga: Vaksinasi Atlet Indonesia Digelar Jumat 26 Februari 2021

1. IBL dan Perbasi diminta memaparkan kesiapan kompetisi basket

Izin Kompetisi IBL Segera Dibahasiblindonesia.com

Zainudin Amali berujar, dalam rapat ini Perbasi dan IBL juga akan melakukan apa yang dilakukan PSSI dan PT LIB. Bedanya, Perbasi dan IBL diminta untukmemaparkan rencana penyelenggaraan kompetisi basket IBL.

"Kami minta IBL dan Perbasi untuk memaparkan bagaimana rencana penyelenggaraan kompetisi basket, dan penerapan protokol kesehatan secara ketat serta disiplin. Setelah itu seperti biasa, kami berikan rekomendasinya ke pihak kepolisian," ujar Zainudin Amali.

2. Rapat juga akan diikuti Kepolisian dan Satgas COVID-19

Izin Kompetisi IBL Segera DibahasSimulasi IBL Musim 2021 (Dok. IBL)

Lebih lanjut, Zainudin Amali mengungkapkan selain Kemenpora, rapat koordinasi nanti juga dihadiri KONI, pihak kepolisian, Satgas COVID-19, serta BNPB. IBL dan Perbasi harus bisa meyakinkan mereka lewat presentasi yang dilakukan.

"Nanti, tetap ada dari kepolisian, KONI, Satgas COVID-19, BNPB, dan Kemenpora. Basket memang beda dengan sepak bola, tempatnya hanya satu, peserta juga diinapkan di tempat yang sama. Kami akan lihat mudah-mudahan tidak terlalu lama lah ya," ujar Zainudin Amali.

3. Kompetisi IBL juga mengalami penundaan

Izin Kompetisi IBL Segera DibahasSimulasi IBL Musim 2021 (Dok. IBL)

Pada Sabtu 9 Januari 2021 lalu, IBL memutuskan untuk kembali menunda kompetisi basket musim 2021. Penundaan ini mereka lakukan sebagai bentuk ketaatan pihak IBL terhadap keputusan pemerintah, termasuk soal penerapan PPKM (Pembatasan Perlakuan Kegiatan Masyarakat).

Awalnya, IBL direncanakan bergulir pada 15 Januari 2021. Tapi, pada akhirnya rencana itu sirna, terlepas dari upaya IBL yang sudah coba meyakinkan semua pihak.

"Dengan perkembangan situasi yang ada, IBL dan tentunya Perbasi perlu menaati keputusan pemerintah, sehingga untuk rencana penyelenggaraan IBL 2021 perlu ditunda hingga perkembangan yang ada berikutnya," tulis pernyataan resmi IBL.

Baca Juga: Usai Pramusim Liga 1, Basket IBL Bakal Diberi Izin?

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya