Jalan Terjal Indonesia Menuju Piala Dunia Basket 2023

Indonesia bakal berlaga di kualifikasi Piala Dunia Basket

Jakarta, IDN Times - Timnas basket Indonesia akan memulai perjalanan mereka menuju Piala Dunia Basket 2023. Kendati menjadi tuan rumah, perjuangan Indonesia diprediksi akan lebih keras dibandingkan Jepang dan Filipina yang juga jadi tuan rumah.

Ketika Filipina dan Jepang lolos langsung dengan status tuan rumah, Indonesia harus berjuang dari babak kualifikasi. Jalur ini jadi cara lain Indonesia masuk ke Piala Dunia Basket 2023, selain tentunya masuk delapan besar FIBA Asia Cup 2021 yang dilaksanakan tahun depan.

"Melihat adanya dua opsi tersebut, sebagai persiapan menuju FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023, saya meminta agar persiapan tim nasional harus ditingkatkan, baik tim junior maupun tim senior, karena waktunya sangat dekat," ujar chairman Local Organizing Committee Piala Dunia Basket 2023 di Indonesia, Erick Thohir, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: Arti Penting di Balik Logo Piala Dunia Basket 2023

1. Indonesia menempati Grup C kualifikasi Piala Dunia Basket 2023

Jalan Terjal Indonesia Menuju Piala Dunia Basket 2023Piala Dunia Basket 2023. (Website/fiba.basketball)

Dari hasil undian yang dihelat pada Selasa (31/8/2021), menempatkan timnas basket Indonesia tergabung di Grup C bersama Jordania, Lebanon, dan Arab Saudi. Manajer Timnas Basket Indonesia Maulana Fahreza, optimistis Indonesia bisa lolos ke fase berikutnya pada babak kualifikasi.

"Kami memang belum pernah ketemu dengan mereka, jadi ini sebuah tantangan dan kami meyakini bisa melaju ke babak berikutnya. Setidaknya kami yakin bisa finis di peringkat kedua grup," jelas Mocha, sapaan Maulana Fareza.

Rasa optimisme juga disampaikan kapten timnas basket Indonesia Arki Wisnu. Meski belum pernah bertemu dengan lawan-lawan di Grup C, dia dan rekan-rekan setimnya berjanji akan mengeluarkan kemampuan terbaik mereka.

"Kami memang jarang ketemu dengan lawan di Grup C ini. Tetapi, kami akan berjuang keras memberikan yang terbaik untuk Indonesia," kata Arki.

2. Timnas basket Indonesia mulai bersiap pada Oktober

Jalan Terjal Indonesia Menuju Piala Dunia Basket 2023IDN Times/Hasudungan

Timnas basket Indonesia akan memulai persiapan pada Oktober nanti menuju babak kualifikasi Piala Dunia Basket 2023. Semua pemain terbaik Indonesia akan dipanggil, termasuk pemain naturalisasi.

Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih mengatakan, melihat pentingnya kualifikasi untuk timnas basket Indonesia, pelatih Rajko Toroman harus segera bersiap diri. September ini diharapkan para pemain timnas bisa berkumpul untuk menjalani training center.

"Harus segera siapkan tim. September ini harus sudah latihan. Ini supaya kita punya waktu dua bulan untuk menyiapkan tim yang kuat karena kualifikasi sudah akan dimulai November," kata Danny.

3. Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023 diikuti 32 negara

Jalan Terjal Indonesia Menuju Piala Dunia Basket 2023Pebasket naturalisasi tim nasional Indonesia Lester Prosper (kiri) melakukan selebrasi bersama Brandon Jawato (ANTARA/HO-FIBA.)

Piala Dunia Basket 2023 akan diikui 32 negara dari empat konfederasi. Eropa, Asia-Oceania, Amerika, dan Afrika. Kuota untuk wakil Eropa ada 12 negara, Asia-Oceania delapan negara, Amerika tujuh negara, dan Afrika lima negara.

Penentuan negara yang lolos ke Piala Dunia Basket 2023 bakal berlangsung dua babak. Dari Asia-Oceania, babak pertama diikuti 16 negara yang akan dibagi empat grup di dalamnya, termasuk tuan rumah Filipina dan Jepang, serta Indonesia.

Pertandingan dilaksanakan dalam format home and away. Artinya setiap negara akan memainkan enam pertandingan penentu dalam tiga window, 20-30 November 2021, 21 Februari-1 Maret 2022, dan 27 Juni-5 Juli 2023. Negara peringkat ketiga teratas di masing-masing grup melaju ke kualifikasi babak kedua.

Nantinya, 12 grup pada fase kedua akan dibagi menjadi dua grup. Dengan format home and away, setiap negara akan memainkan 10 pertandingan. Fase kedua ini juga akan digelar dalam tiga window, 22-30 Agustus 2022, 7-15 November 2022, dan 20-28 Februari 2023.

Dari fase ini, kemudian akan dipilih tiga tim terbaik dari masing-masing grup untuk mewakili zona Asia-Oceania. Sementara, Jepang dan Filipina akan melengkapi kuota menjadi delapan. Dari sini, tampak perjalanan timnas basket Indonesia menuju Piala Dunia Basket 2023 begitu panjang.

Baca Juga: Erick Thohir: Venue Piala Dunia Basket 2023 Harus Multifungsi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya