Kemenkeu Sahkan Dana Tambahan untuk PON Papua Sebesar Rp1,4 Triliun

Dana tambahan PON Papua akan dikelola sepenuhnya oleh PB PON

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah mengesahkan dana tambahan untuk PON Papua. Besaran dana tersebut mencapai Rp1,4 triliun.

"Permintaan dana tambahan dari PB PON dan PB Peparnas itu semalam sudah disahkan oleh ibu Menteri Keuangan dan hanya ada teknis pergeseran saja," ujar Zainudin dalam jumpa pers virtual, Jumat (24/9/2021).

1. Dana tersebut melalui Kemenpora

Kemenkeu Sahkan Dana Tambahan untuk PON Papua Sebesar Rp1,4 TriliunVenue voli indoor PON XX Papua di Koya Koso, Muaratami, Kota Jayapura, Papua, Selasa (22/6/2021). (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Zainudin mengungkapkan, ada pergeseran cara penyaluran dana tambahan PON Papua ini. Dana tersebut nantinya akan melewati Kemenpora dulu, sebelum nanti akhirnya disalurkan ke PB PON.

"Berdasarkan undang-undang, mekanisme itu memungkinkan, yakni dijelaskan di Peraturan Menteri Keuangan. Jadi, tidak harus mampir dan dikelola (Kemenpora)," ujar Zainudin.

Baca Juga: PON Papua Diharapkan Jadi Tempat Mekarnya Talenta Baru

2. PB PON sudah mengajukan dana sejak lama

Kemenkeu Sahkan Dana Tambahan untuk PON Papua Sebesar Rp1,4 TriliunKetua harian PB PON, Yunus Wonda. (IDN Times/Dok. PB PON Papua).

PB PON sendiri sudah mengajukan dana tambahan ini sejak lama. Namun, permintaan itu baru disahkan sekarang, jelang pembukaan PON Papua pada 2021 mendatang. Sebelumnya, pemerintah sudah menganggarkan dana sekitar Rp397 miliar untuk PON Papua.

Zainudin menyebut, nantinya dana ini akan dikelola sepenuhnya oleh PB PON. Merekalah pihak yang akan membelanjakan dana anggaran ini, sedangkan pihak Kemenpora hanya menyalurkan saja.

"(Laporan pertanggungjawaban dana) ada mekanismenya. Kami hanya 'lewat' saja karena yang merencanakan dan menggunakan 'kan, di sana (PB PON), " tutur Zainudin.

3. PON Papua akan dibuka Presiden

Kemenkeu Sahkan Dana Tambahan untuk PON Papua Sebesar Rp1,4 TriliunAcara Festival Cahaya Papua pada Jumat (31/12/2020) malam. (IDN Times/Dok. PB PON Papua).

Zainudin memastikan, gelaran PON Papua akan dibuka oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada 2 Oktober nanti. Pembukaan akan dihelat di Stadion Lukas Enembe. Upacara pembukaan akan mengikuti prosedur dan ketetapan laiknya ajang multievent lainnya.

"Persiapan dilakukan oleh Panitia Besar PON yang akan berkoordinasi dengan KONI, Kemenpora, dan unsur-unsur terkait. Sehingga, bisa dipastikan bapak Presiden bisa membuka (PON Papua) pada malam harinya," ucap Zainudin.

Baca Juga: Panitia PON Papua Soroti Fasilitas di Venue

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya