Ketika Debut Trio Brooklyn Nets di NBA Berakhir Bencana

Cleveland Cavaliers mengacaukan itu semua

Jakarta, IDN Times - Semestinya duel melawan Cleveland Cavaliers dalam laga NBA 2020/21 berakhir manis buat Brooklyn Nets. Apalagi, untuk pertama kalinya dalam laga yang digelar Kamis (21/1/2021) itu, Nets diperkuat trio andalan dengan julukan Big Three.

James Harden, Kevin Durant, dan Kyrie Irving akhirnya tampil dalam satu lapangan yang sama, mengenakan jersey Brooklyn Nets. Khusus buat Irving, ini adalah laga pertamanya setelah absen selama dua bulan. Fans menanti magi tak terduga ketiganya.

Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Sang lawan, Cavaliers, malah menunjukkan penampilan mumpuni. Mereka membuat debut Big Three di ajang NBA jadi mimpi buruk.

1. Cavaliers apik, Collin Sexton tak tertahankan

Penampilan apik Cavaliers, yang bahkan mampu menahan Nets hingga dua kali babak overtime, merupakan buah dari ciamiknya performa guard mereka, Collin Sexton. Selama pertandingan, pemain-pemain Nets gagal membendung permainan Sexton.

Ketika di babak reguler, permainan Sexton sebenarnya tidak spesial-spesial amat. Baru memasuki babak overtime, ia mampu mendulang 20 poin. Total, Sexton mengumpulkan 42 poin di laga ini, tertinggi sepanjang kariernya di NBA.

2. Sexton apik karena pertahanan Nets memang buruk

Apiknya penampilan Sexton tak lepas dari buruknya pertahanan Nets di pertandingan tersebut. Bayangkan saja, Cleveland sukses melepas tembakan di area Nets sebanyak 51 persen dan 50 persen berasal dari tembakan tiga poin. Tak heran, Nets kelimpungan.

Buruknya pertahanan ini juga diakui pelatih Nets Steve Nash. Ia berujar, timnya bak tercecer di mana-mana dan tidak menyatu. Itu adalah pekerjaan rumah selanjutnya yang harus segera dibenahi.

"Kami benar-benar tercecer, kalah di setiap duel di atas lapangan. Ya, masih banyak pekerjaan rumah yang mesti kami selesaikan. Kini, kami memang tim yang kuat secara ofensif. Namun, kami juga harus menemukan cara untuk bertahan dan terhubung satu sama lain," ujar Nash, dilansir ESPN FC.

3. Trio Nets merasa sudah terhubung satu sama lain

Ketika Debut Trio Brooklyn Nets di NBA Berakhir Bencanahttps://www.instagram.com/p/B27WLCgB_iw/

Masalah koneksi yang tadi dibicarakan Nash, nyatanya tidak dialami Durant, Harden, dan Irving. Meski ini kali pertama ketiganya main bersama, rasa-rasanya mereka sudah bermain dalam waktu lama. Itulah yang dirasakan Durant.

"Semua terasa bagus, sempurna. Rasanya kami bertiga sudah main dalam waktu yang lama. Tetapi memang, laga ini sulit buat kami, apalagi kami juga harus kejar-kejaran poin dengan lawan," ujar Durant.

Apa yang dikatakan Durant bukan pepesan kosong. Ketiganya mampu tampil apik. Durant mencetak 38 poin, Irving mencetak 37 poin, sementara Harden menorehkan 21 poin, 12 assist, dan 10 rebound. Semuanya berkontribusi dalam serangan Nets di laga lawan Cavaliers ini.

Sebenarnya semua bakal terasa sempurna bagi Brooklyn Nets jika sukses menundukkan Cleveland Cavaliers. Namun sayang, dalam laga NBA Kamis (21/1/2021) tersebut, hal itu urung terjadi.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya