Klasemen Medali SEA Games 2021: Indonesia Turun ke Posisi 4

Indonesia disalip Thailand dan Filipina

Jakarta, IDN Times - Indonesia harus rela turun ke posisi empat klasemen sementara peraihan medali SEA Games 2021. Kendati meraup banyak emas pada Minggu (15/5/2022), kontingen Merah Putih harus rela tergeser Thailand dan Filipina.

Per Minggu (15/5/2022) pukul 19.30 WIB, kontingen Indonesia total meraih 18 emas, 26 perak, dan 20 perunggu. Total, mereka sudah mengantongi 64 medali sepanjang gelaran SEA Games 2021, unggul dua emas dari Malaysia di posisi kelima.

1. Wushu sumbang dua emas hari ini

Klasemen Medali SEA Games 2021: Indonesia Turun ke Posisi 4Atlet Wushu Indonesia (Dok. Kemenpora/Humas PB WI)

Cabang olahraga (cabor) wushu jadi tempat Indonesia mendulang emas pada Minggu (15/5/2022). Emas disumbangkan oleh Seraf Naro Siregar dari daoshu gunshu putra dan Junita Malau dari nomor 48 kg putri.

Selain wushu, cabor-cabor lain yang mendulang emas hari ini adalah catur (Citra Dewi Ardhiani), MTB (Tiara Prastika Andini), dan renang (Mastri Wolf). Mereka sukses menambah perolehan emas Indonesia hari ini.

Baca Juga: Raih Emas di SEA Games 2021, Penantian Tiara Andini Tuntas

2. Indonesia banyak mendulang perak

Klasemen Medali SEA Games 2021: Indonesia Turun ke Posisi 4potret Irene Sukandar (instagram.com/irene_sukandar)

Selain emas, kontingen Indonesia juga meraih banyak perak hari ini. Total, ada 11 perak yang ditorehkan oleh tim Merah Putih pada Minggu (15/5/2022) di ajang SEA Games 2021.

Wushu jadi cabor penyumbang perak terbanyak hari ini, yakni enam. Diikuti oleh catur dua perak, duathlon satu, dan golf satu. Sisanya, cabor-cabor lain ada yang juga menyumbangkan perunggu.

3. Total 10 perunggu didapatkan Indonesia hari ini

Klasemen Medali SEA Games 2021: Indonesia Turun ke Posisi 4Kontingen Indonesia di defile upacara pembukaan SEA Games 2021 (Dok. NOC Indonesia)

Selain perak, Indonesia juga meraih banyak perunggu hari ini. Total, cabor yang paling banyak menyumbangkan perunggu adalah cabor renang dengan torehan tiga medali.

Sisanya, dua perunggu disumbangkan duathlon, sedangkan satu perunggu masing-masing disumbangkan wushu, atletik, jujitsu, tennis, dan gymnastics. Alhasil, raihan perunggu Indonesia membludak.

Indonesia masih memiliki peluang untuk meraih emas lagi di SEA Games 2021. Masih ada beberapa atlet yang belum unjuk gigi dalam ajang yang dihelat di Vietnam tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] Timnas U-23 Lolos ke Semifinal SEA Games 2021 Usai Sikat Myanmar

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya