KONI Pusat Tegaskan PON Papua Digelar Sesuai Jadwal

PON akan dihelat pada 2 hingga 15 Oktober 2021

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, menyebut PON XX Papua akan digelar sesuai jadwal. PON bakal dihelat di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

"Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX tahun 2021 di Papua ini tetap berjalan sesuai rencana, dilaksanakan pada tanggal 2 sampai 15 Oktober 2021," kata Marciano dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (12/8/2021).

1. Perintilan untuk PON sudah diselesaikan

KONI Pusat Tegaskan PON Papua Digelar Sesuai JadwalWakil Gubernur Papua Klemen Tinal menyampaikan sebanyak dua pertiga masyarakat yang berada di area empat klaster pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua akan divaksinasi. Ini bertujuan agar penyelenggaraan bisa berlangsung aman dari Covid-19. (Dok. Kemenpora)

Marciano menyebut, perintilan untuk PON sudah mereka selesaikan. Tahapan entry by name untuk atlet sudah selesai pada 1 Agustus 2021. Total, ada 6.496 atlet yang terdaftar sebagai kontestan di PON, plus ofisial sebanyak 3.300 orang.

Lalu, untuk persiapan venue, Marciano memastikan semua sudah bisa dipakai. Venue yang masih dalam proses penyelesaian adalah rugby dan paralayang. Ditargetkan, dua venue tersebut akan rampung pada September 2021.

"Masalah peralatan, seluruhnya yang dialokasikan dari APBN yaitu untuk 36 disiplin cabang olahraga dan APBD sebanyak 26 lainnya akan tiba di Papua paling lambat 30 Agustus 2021. Saat ini, sebagian besar peralatan itu sudah tiba di Jayapura," ujar Marciano.

Terkait masalah kesehatan, Marciano mengungkapkan para atlet dan ofisial yang akan berangkat ke Papua dalam kondisi sudah divaksin. Selain itu, masyarakat yang tinggal di sekitar venue pertandingan harus sudah divaksin.

"Kami memanfaatkan waktu yang ada untuk mengejar sampai saatnya nanti, tentunya dengan dukungan Kementerian Kesehatan dan semua pihak terkait. Minimal, kami sudah sampai di angka 70 persen," ujar Marciano.

Baca Juga: PPKM Darurat, Persiapan Atlet PON XX Jateng Terhambat, Latihan Nomaden

2. Belum ada keputusan soal penonton di PON Papua

KONI Pusat Tegaskan PON Papua Digelar Sesuai JadwalVenue voli indoor PON XX Papua di Koya Koso, Muaratami, Kota Jayapura, Papua, Selasa (22/6/2021). (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Marciano mengungkapkan, saat ini belum ada kepastian apakah PON akan digelar dengan atau tanpa penonton. Meski begitu, pihaknya tetap mempersiapkan penyiaran untuk penyiaran acara PON, sehingga masyarakat bisa menyaksikan pertandingan dari rumah.

"Penyiaran penting untuk seluruh masyarakat Indonesia agar bisa mendapatkan informasi dan menikmati, mengikuti setiap event-event olahraga di PON Papua, seperti halnya Olimpiade Tokyo lalu," ujar Marciano.

3. PON Papua akan dimulai dengan cabor sofbol

KONI Pusat Tegaskan PON Papua Digelar Sesuai JadwalSuasana lapangan pertandingan bulu tangkis di Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/7/2021) yang akan digunakan untuk PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Menurut Marciano, sofbol akan menjadi cabor pertama yang dipertandingkan di PON Papua. Pertandingan itu nantinya akan berlangsung pada 22 September 2021 mendatang.

"Total, sekitar 41 hari menuju pertandingan pertama PON Papua. Cabang olahraga softball itu sudah akan mulai bertanding pada 22 September yang akan datang," ujar Marciano.

Baca Juga: TNI dan Polri Rajin Komunikasi, Pastikan Keamanan PON Papua

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya