Comscore Tracker

[BREAKING] Kualifikasi Formula E Jakarta 2022 Ketat! DS Techeetah Dominan 

Dua pembalap DS Techeetah start terdepan

Jakarta, IDN Times - Sesi kualifikasi Formula E 2022 Jakarta tuntas terlaksana pada Sabtu (4/6/2022) pagi. Bertempat di Jakarta International E-Prix Circuit, dua pembalap DS Techeetah, Jean-Eric Vergne dan Antonio Felix da Costa, begitu dominan.

Namun, pada akhirnya Vergne yang berhasil mengunci pole position. Dalam final kualifikasi, Vergne sukses mengungguli rekan setimnya tersebut, dengan catatan waktu satu menit 8,52 detik.

Sesi kualifikasi ini dimulai dengan fase grup. Dari Grup A, Stoffel Vandoorne, Jean-Eric Vergne, Jake Dennis, dan Sebastian Buemi lolos ke perempat final. Dari Grup B, Antonio Felix da Costa, Edoardo Mortara, Pascal Wehrlein, Mitch Evans juga lolos.

Berlanjut ke perempat final, Evans, Vergne, Mortara, dan Da Costa tampil gemilang. Mereka lolos ke semifinal dan saling berhadapan kembali. Berlanjut ke final, ada Vergne dan Da Costa yang bertarung memperebutkan tempat pertama.

Akhirnya, Vergne yang sukses mengunci pole position di Formula E Jakarta 2022 ini, sekaligus jadi pembalap pertama yang sukses melakukan itu. Da Costa harus rela start di posisi kedua.

Skema kualifikasi Formula E ini memang berbeda dengan Formula 1 dan MotoGP. Alih-alih menggunakan skema Q3, Q2, dan Q1, kualifikasi di ajang balap ini menggunakan sistem duel, yang diawali oleh fase grup.

Jadi, pembalap akan dibagi ke dua grup, yakni Grup A dan Grup B. Empat pembalap terbaik dari masing-masing grup akan melenggang ke babak perempat final, dan dari situ mereka akan terus berduel hingga final.

Pembalap yang memenangi final akan start di posisi pertama. Yang kalah di final start di posisi kedua, posisi tiga dan empat jadi miliki pembalap yang kalah di semifinal, sedangkan yang kalah di perempat final start di posisi lima hingga delapan.

Selepas kualifikasi tuntas pada Sabtu (4/6/2022) pagi, rangkaian Formula E Jakarta akan berlanjut ke sesi balapan pada Sabtu sore. Berikut adalah hasil delapan besar kualifikasi Formula E Jakarta 2022.

1. Jean-Eric Vergne (DS Techeetah)
2. Antonio Felix da Costa (DS Techeetah)
3. Mitch Evans (Jaguar TCS Racing)
4. Edoardo Mortara (Rokit Venturi Racing)
5. Jack Dennis (Avalanche Andretti)
6. Sebastian Buemi (Nissan E.Dams)
7. Stoffel Vandoorne (Mercedes EQ)
8. Andre Lotterer (TAG Heuer Porsche)

Baca Juga: [BREAKING] Jean-Eric Vergne Rebut Pole Position di Formula E Jakarta

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya