Lakukan Ekspansi, IBL Tambah Peserta untuk Musim 2022

IBL 2022 akan diikuti 16 tim

Jakarta, IDN Times - Ajang Indonesian Basketball League (IBL) sukses melakukan ekspansi. Mereka resmi menerima empat klub baru untuk berkompetisi di musim 2022. Dengan begini, total akan ada 16 tim yang berlaga musim depan.

Empat tim yang dipastikan turut serta adalah Bumi Borneo Basketball Pontianak, RANS PIK Basketball, Evos Basketball Bogor, dan Tangerang Hawks. Hal ini pun tercatat sebagai sejarah tersendiri sepanjang perhelatan IBL.

1. Awalnya ada lima tim yang akan bergabung ke IBL

Lakukan Ekspansi, IBL Tambah Peserta untuk Musim 2022IBL 2021. (Dok. IBL)

Semula, direncanakan bakal ada lima tim yang akan bergabung ke IBL 2022. Selain Bumi Borneo, RANS, Evos, dan Hawks, sempat muncul nama Louvre Malang yang akan bergabung. Namun, berdasarkan penilaian tim verifikasi, Louvre dipastikan belum bisa masuk IBL.

"Pemilihan ini berdasarkan penilaian mendalam dari tim verifikasi berdasarkan aspek manajemen dan administrasi,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, dalam situs resmi IBL.

Baca Juga: IBL Musim 2022 Berpotensi Hadirkan Penonton

2. Bagian dari rencana jangka panjang IBL

Lakukan Ekspansi, IBL Tambah Peserta untuk Musim 2022IBL 2021. (Dok. IBL)

Junas berujar, penambahan tim baru di musim 2022 ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang IBL. Penambahan tim ini sejatinya adalah rencana dari dua tahun lalu, tepatnya ketika IBL memulai musim 2019.

"Penambahan empat tim untuk mulai bersaing di musim kompetisi IBL 2022 merupakan bagian dari perencanaan dua tahun lalu, di mana nantinya menambah jumlah pertandingan dan periode kompetisi yang makin panjang,” ujar Junas.

Baca Juga: Digelar Tanpa Penularan COVID-19, Bagaimana IBL 2021 Bisa Sukses?

3. Upaya mengangkat pemain muda berbakat

Lakukan Ekspansi, IBL Tambah Peserta untuk Musim 2022IBL 2021. (Dok. IBL)

Penambahan tim ini adalah upaya dari IBL menjaring talenta-talenta muda di berbagai daerah. Dengan banyaknya tim yang ada, nantinya bakat-bakat yang awalnya tidak terendus, perlahan mulai muncul ke permukaan, seiring tersebarnya klub-klub di beberapa daerah.

"Semula klub-klub IBL tersebar di delapan kota, kompetisi mendatang akan diikuti 16 tim dari 12 kota di seluruh Indonesia. Harapannya, potensi pemain-pemain muda juga akan makin tergali ke depannya,” ucap Junas.

Baca Juga: Erick Thohir: IBL Jadi Model Industri Olahraga di Tengah Pandemik

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya