Logo FIBA Asia Cup 2021 Diluncurkan, Kental Nuansa Indonesia

FIBA Asia Cup akan terselenggara pada Agustus 2021

Jakarta, IDN Times - Logo kejuaraan FIBA Asia Cup 2021 resmi diluncurkan. Rencananya, kejuaraan basket yang akan mempertemukan antar negara di Asia ini akan dihelat di Istora Senayan, Jakarta, 17-29 Agustus 2021.

Acara peluncuran logo ini dihadiri oleh Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto, Direktur Eksekutif FIBA Asia Hagop Khajirian, Ketua Panitia Pelaksana Jakarta FIBA Asia Cup 2021 Junas Miradiarsyah, dan Francis Wanandi yang mewakili Perbasi.

"Saya antusias menyambut peluncuran logo FIBA Asia Cup 2021. Sebuah logo yang membawa identitas Indonesia yang kental ke dalamnya. Saya sangat yakin logo FIBA Asia Cup 2021 akan menginspirasi seluruh generasi muda, penggemar bola basket di Indonesia dan seluruh Asia untuk mendukung acara yang luar biasa ini," ujar Gatot dalam keterangan resminya, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah FIBA World Cup 2023, Jokowi Minta Venue Standar Dunia

1. Logo FIBA Asia Cup 2021 kental dengan nuansa Indonesia

Logo FIBA Asia Cup 2021 Diluncurkan, Kental Nuansa IndonesiaLogo FIBA Asia Cup 2021. (dok. Media FIBA Asia Cup)

Logo FIBA Asia Cup 2021 terbilang unik. Jadi, logo itu menampilkan piala yang dikelilingi oleh perpaduan desain antara corak batik dan motif Elang Jawa. Menurut Hagop, logo ini mencerminkan perpaduan antara FIBA dan Indonesia selaku tuan rumah.

"Peluncuran logo ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan menuju Piala Asia FIBA 2021. Ikon visual ini memadukan atribut unik Piala Asia FIBA dan Indonesia sebagai negara tuan rumah," ujar Hagop.

2. Indonesia siap menjadi tuan rumah

Logo FIBA Asia Cup 2021 Diluncurkan, Kental Nuansa IndonesiaAcara peluncuran logo resmi FIBA Asia Cup 2021. (dok. Media FIBA Asia Cup 2021)

FIBA Asia Cup 2021 ini akan menjadi event olahraga internasional level Asia perdana bagi Indonesia. Sebelumnya, selama setahun lebih, kawasan Asia serta seluruh dunia menahan diri untuk tidak menggelar kompetisi olahraga akibat pandemik COVID-19.

Junas mengungkapkan, Indonesia siap untuk jadi tuan rumah di ajang ini. Indonesia siap menjawab tantangan dari pihak FIBA Asia, sekaligus harapan dari negara-negara anggota. Apalagi pada 1993, Jakarta pernah menjadi tuan rumah Asian Basketball Confederation Championship.

"Ini sebuah tantangan, sekaligus peluang bagi kami sebagai pihak penyelenggara untuk menggelar FIBA Asia Cup 2021 dengan sukses dan memenuhi harapan dari negara-negara anggota," ujar Junas.

3. Perbasi siap memberikan bantuan

Logo FIBA Asia Cup 2021 Diluncurkan, Kental Nuansa Indonesiaperbasi.or.id

Sebagai pemangku kebijakan basket di Indonesia, Perbasi menyatakan siap melakukan koordinasi dan komunikasi dengan FIBA Asia sehingga perhelatan besar ini berlangsung sukses dan lancar. Tentunya, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Kami akan melakukan persiapan, baik dalam penyelenggaraan dan juga membentuk tim nasional Indonesia yang mampu bersaing. FIBA Asia Cup 2021 ini kesempatan berharga yang harus dimanfaatkan para pemain Indonesia untuk menunjukkan permainan terbaik sehingga bisa menaikkan level kompetisi dan permainan di tingkat Asia," jelas Francis Wanandi.

Baca Juga: Catatkan Sejarah, Timnas Basket 3x3 Putri Ikut Kualifikasi Olimpiade 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya