Comscore Tracker

Luhut Binsar Pandjaitan Terpilih Sebagai Ketua Umum PB PASI

Luhut terpilih secara aklamasi

Jakarta, IDN Times - PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) akhirnya memiliki ketua yang baru. Ia adalah Menko Maritim dan Investasi Jenderal (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut terpilih sebagai ketua umum untuk periode 2021-2025.

Luhut terpilih secara aklamasi dalam Kongres PASI 2021 yang dilaksanakan secara virtual pada Senin (25/1/2021). Dalam kongres itu, sebanyak 34 Pengurus Provinsi (Pengprov) PASI sepakat memilih Luhut sebagai Ketum PASI yang baru.

"Menko Maritim dan Investasi Jenderal (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya terpilih sebagai ketua umum PB PASI masa bakti 2021-2025. Seluruh Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) yang berjumlah 34, menyepakati untuk memilih Luhut sebagai ketua umum," tulis keterangan resmi PASI yang diterima IDN Times, Senin (25/1/2021).

1. PASI memilih tim formatur menyusun kepengurusan baru PASI

Luhut Binsar Pandjaitan Terpilih Sebagai Ketua Umum PB PASIAtlet atletik Sumsel Sri Maya Sari meraih emas pada nomor 400 meter putri, Porwil X Bengkulu/IDN Times/Istimewa

Selain agenda pemilihan ketua umum, dalam kongres yang juga dibuka secara resmi oleh Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, dibahas pula pertanggungjawaban kepengurusan PB PASI periode 2016-2020 serta AD/ART organisasi.

Kongres ini juga membahas mengenai tim formatur yang nantinya akan menyusun kepengurusan PB PASI selanjutnya. Tim formatur ini terdiri dari Plt Ketua Umum PB Pasi Zacky Anwar Makarim serta Ketua Pengprov PASI Jawa Tengah Dr, Rumini.

Baca Juga: [BREAKING] Lalu Zohri Mau Ikuti Jejak Bob Hasan Jadi Pengusaha Sukses

2. Luhut akan fokus pada pembinaan atlet

Luhut Binsar Pandjaitan Terpilih Sebagai Ketua Umum PB PASIMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Setelah terpilih, Luhut berjanji akan melanjutkan hal-hal baik yang sudah berjalan di PASI. Tentunya, ia juga bakal membenahi hal-hal yang masih kurang. Namun, fokus Luhut ada pada pembinaan atlet, agar kelak atlet Indonesia bisa bicara di pentas dunia.

"Saya berharap, kita bisa bekerja sama membangun atletik Indonesia menjadi lebih baik lagi,” ujar Luhut.

3. Bukan kali pertama Luhut pegang cabor

Luhut Binsar Pandjaitan Terpilih Sebagai Ketua Umum PB PASIIDN Times/Hana Adi Perdana

Bagi Luhut, PB PASI ini bukan cabang olahraga pertama yang pernah ia pimpin. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Federasi Karate-Do Indonesia (PB FORKI). Ia memimpin PB FORKI mulai dari 2001 hingga 2010.

Luhut Binsar Pandjaitan sendiri juga kerap memegang beberapa posisi di pemerintahan. Selain menjadi Menko Marvest, ia pernah menjadi Plt Menteri Kelautan dan Perikanan dan Plt Menteri Perhubungan pada 2020 lalu.

Baca Juga: Dibiayai Saat Lomba Finlandia, Zohri Kenang Bob Hasan Bak Ayah Sendiri

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya