Marc Marquez Masih Berkutat dengan Cedera, Bagaimana Nasib Honda?

Tanpa Marc Marquez, Honda merana

Jakarta, IDN Times - Marc Marquez selesai menjalani operasi ketiga pada Kamis (3/12/2020). Operasi ini mesti ia lakoni lantaran pembalap Honda tersebut menjalani masa pemulihan yang terbilang lambat.

Akibat operasi ini, Marquez diperkirakan harus absen enam sampai tujuh seri MotoGP 2021. Meski begitu, pengamat MotoGP, Carlo Pernat, mengungkapkan bahwa Marquez bisa saja absen lebih lama lagi.

"Operasinya berjalan sedikit kompleks, meski dilakukan oleh beberapa profesional. Saya lihat sulit bagi Marquez untuk segera kembali ke MotoGP 2021," ujar Pernat, dilansir GPOne.

"Apalagi, Marquez sendiri bilang kalau dia tidak akan bisa membalap lagi sampai merasa fit 100 persen. Saya juga percaya kariernya kini tengah di ujung tanduk. Namun, mari kita harapkan itu tidak terjadi," lanjutnya.

1. Bagi Marquez, tahun 2020 mengajarkannya banyak hal

Marc Marquez Masih Berkutat dengan Cedera, Bagaimana Nasib Honda?Twitter.com/MotoGP

Mungkin, bisa dibilang tahun 2020 merupakan tahun ketika Marc Marquez menjadi sosok yang lebih dewasa. Gara-gara masa pemulihan serta dua kali menjalani operasi, ia harus absen sepanjang seri MotoGP 2020.

"Saya memahami banyak hal (di tahun 2020). Salah satu contohnya adalah, saya kembali ke trek terlalu cepat. Cederanya jadi lebih parah lagi ketika saya coba untuk membalap lagi di Jerez. Itu adalah sebuah kesalahan," ungkap Marquez.

"Tahun ini pula, saya belajar bahwa pebalap seperti saya ini punya kelebihan dan kekurangan. Kami terkadang buta akan risiko yang kami hadapi. Di sinilah peran dokter ada. Mereka harus mampu membuat pebalap jadi lebih realistis akan kondisi mereka," lanjutnya.

Baca Juga: Minus Marc Marquez, Honda Bikin Catatan Buruk di MotoGP 2020!

2. Hasil operasi Marquez memuaskan, namun ada infeksi

Marc Marquez Masih Berkutat dengan Cedera, Bagaimana Nasib Honda?twitter.com/marcmarquez93

Honda mengeluarkan pernyataan resmi bahwa operasi Marc Marquez berjalan baik. Proses pascaoperasi juga dilakoni oleh pembalap asal Spanyol itu dengan apik. Namun, ternyata ada hal buruk lain yang kembali menimpanya.

"Penanganan pascaoperasi Marquez berjalan dengan baik dan memuaskan menurut para dokter. Namun, ternyata ada infeksi yang terjadi di salah satu tulang Marquez. Ia pun akan menjalani perawatan spesifik berupa pemberian antibiotik dalam beberapa minggu ke depan," ujar Honda dalam rilis resminya.

3. Siapa pengganti sementara Marc Marquez

Marc Marquez Masih Berkutat dengan Cedera, Bagaimana Nasib Honda?motogp.com

Hal berikut lain yang akan membuat Honda pusing adalah menentukan siapa pengganti Marquez jika masih belum bisa tampil musim depan. Apalagi, kondisi Marquez sejauh ini belum bisa dipastikan ia bakal absen berapa lama di MotoGP 2021.

Pernat mengungkapkan ada beberapa rencana yang mungkin ditempuh Honda dalam upaya mereka mencari pengganti Marquez. Ada rencana B dan rencanan C.

"Rencana B adalah, Honda menggunakan jasa Stefan Bradl. Sedangkan rencana C, Honda bisa menghubungi Andrea Dovizioso, yang menurut saya merupakan rencana sulit. Dovizioso sendiri tampaknya sedang tidak ingin membalap lagi," ujar Pernat.

"Agar bisa menarik dia ke tim, Honda tentu harus menawarkan kontrak jangka panjang untuknya, atau setidaknya menjadi seorang pembalap penguji (test rider). Ya, kita lihat saja nanti," tambahnya.

Rencana awal, Honda akan menduetkan Marc Marquez bersama Pol Espargaro di tim Repsol Honda untuk MotoGP 2021. Namun, seiring masa pemulihan yang dijalani Marquez, Honda memang perlu segera mencari pengganti sepadan.

Baca Juga: Joan Mir Lebih Baik dari Valentino Rossi dan Marc Marquez di MotoGP

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya