Comscore Tracker

Marc Marquez Sudah Ganti Fokus, Siap Membalap di Assen

Marquez sudah melupakan euforia di Jerman

Jakarta, IDN Times - Euforia dirasakan betul oleh Marc Marquez di GP Jerman, Sachsenring, dua pekan lalu. Setelah perjuangan panjang, menyesuaikan spesifikasi motor plus memperbaiki kondisi fisik, ia akhirnya bisa merasakan lagi naik podium.

Tidak tanggung-tanggung, Marquez langsung menduduki podium pertama di Sachsenring. Kemenangan ini disambut suka cita oleh Marquez. Ia bahkan sampai menangis, dan ia memutuskan untuk merayakan kemenangan ini bersama tim, keluarga, dan sahabatnya.

Namun, tidak ada waktu bagi Marquez untuk bersantai. Perjuangan di MotoGP 2021 harus tetap berlanjut, dan sekarang giliran GP Belanda, Assen, yang sudah menanti Marquez bersama tim Repsol Honda.

1. Marquez akui dirinya sudah ganti fokus

Marc Marquez Sudah Ganti Fokus, Siap Membalap di AssenPembalap dari Repsol Honda Marc Marquez melakukan selebrasi setelah berhasil menjuarai MotoGP Jerman 2021, di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Jerman, Minggu (20/6/2021). Ini merupakan podium pertama bagi Marquez setelah kembali dari cedera patah tulang lengan kanan yang dialaminya pada musim lalu dan posisi kedua dan ketiga ditempati Miguel Oliveira (KTM) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). ANTARA FOTO/Reuters-Matthias Rietschel.

Selepas merayakan kemenangan di Jerman, Marquez mengaku bahwa dirinya sudah ganti fokus saat ini. Ia mulai mengarahkan pandangan ke Assen, dan melupakan suka cita di Jerman. Ia tahu, situasi Assen dan Sachsenring sangat-sangat berbeda.

"Kami sudah menikmati momen bahagia di Sachsenring. Sekarang, kami harus mengganti fokus dan bersiap untuk Assen. Memang, ini sirkuit yang ramah bagi saya, namun tetap saja situasi sekarang berbeda dengan beberapa waktu lalu," ujar Marquez, dilansir Crash.

Baca Juga: Duh! Franco Morbidelli Dipastikan Absen di MotoGP Belanda

2. Assen masih dinaungi cuaca yang tidak bersahabat

Marc Marquez Sudah Ganti Fokus, Siap Membalap di AssenPembalap darf Repsol Honda Marc Marquez memimpin di lintasan saat berlangsung kejuaraan MotoGP Jerman 2021, di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Jerman, Minggu (20/6/2021). ANTARA FOTO/Reuters-Matthias Rietschel.

Di Sachsenring, Marquez membalap di tengah kondisi hujan. Namun, sirkuit yang basah nyatanya tidak menyulitkan Marquez. Ia tetap menguasai motornya, lalu kemudian bisa menguasai balapan dengan apik.

Marquez pun memprediksi, cuaca saat balapan di Assen kelak tidak akan jauh beda dengan di Sachsenring. Pasalnya, ia melihat Assen masih dinaungi oleh awan hitam tebal, plus cuaca yang dingin dan juga lembap.

"Cuaca di sini sangat dingin dan lembap sekarang, dan kita sudah tahu apa yang terjadi di Jerman kemarin (hujan). Jadi, kami akan terus menyesuaikan diri dan melihat kemungkinan apa yang akan terjadi dan bisa kami ambil," ujar Marquez.

3. Catatan Marquez di Assen terbilang baik

Marc Marquez Sudah Ganti Fokus, Siap Membalap di AssenSuasana saat para pembalap memacu motornya saat berlangsung kejuaraan MotoGP Jerman 2021, di Sachsenring, Hohenstein-Ernstthal, Jerman, Minggu (20/6/2021). ANTARA FOTO/Reuters-Matthias Rietschel.

Meski tidak se-superior catatan di Sachsenring, torehan Marquez di Assen terbilang baik. Total, sejak membalap di kelas 125cc, ia sudah menang di sirkuit ini sebanyak lima kali. Rinciannya, menang sekali di kelas 125cc, menang dua kali di Moto2, dan menang dua kali di kelas MotoGP.

Terakhir kali Marquez juara di Assen terjadi pada gelaran MotoGP 2018 silam. Ketika itu, Marc Marquez mampu mengungguli Alex Rins dari Suzuki, serta Maverick Vinales dari Yamaha, dengan catatan waktu 41 detik 13,863 detik.

Baca Juga: Tangis Marc Marquez Pecah Usai Juara MotoGP Jerman

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya